Mensos Beri Bantuan Rp3,7 M untuk Korban Banjir Konawe Utara dan Konflik Buton

Febriyono Tamenk, Antara ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 12:11 WIB
Mensos Beri Bantuan Rp3,7 M untuk Korban Banjir Konawe Utara dan Konflik Buton

Tim SAR gabungan menyusuri permukiman warga yang tenggelam akibat banjir untuk mengevakuasi para korban di Kabupaten Konawe Utara, Sultra, Rabu (12/6/2019). (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.id – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan bantuan sebesar Rp3,727 miliar lebih untuk korban banjir di Kabupaten Konawe Utara dan korban konflik sosial di Kabupaten Buton. Bantuan itu disecarahkan secara simbolis kepada Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi di Posko Utama Korem 143/Haluoleo Kendari, Rabu (12/6/2019).

“Ini merupakan bantuan awal dari Kementerian Sosial. Kapan pun bila Pemerintah Sultra meminta, akan kita serahkan lagi,” kata Mensos yang didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Harry Hikmat dan Komandan Korem 143/HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, serta Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Mensos mengatakan, bantuan sebesar Rp3,727 miliar itu meliputi bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Konawe Utara sebesar Rp1,534 miliar lebih. Sementara bantuan untuk penanganan konflik sosial di Kabupaten Buton sebesar Rp2,193 miliar lebih.


BACA JUGA: Banjir di Konawe Sultra Meluas, 69 Desa Terendam dan 2.000 KK Terdampak


Menurut Mensos, bantuan tahap awal ini masih terfokus untuk dua wilayah. Namun, pihaknya juga sudah mendapat laporan beberapa daerah lain di Sultra turut dilanda banjir dan membutuhkan bantuan, seperti kabupaten Konawe, Kolaka Timur, Konawe Selatan dan Kota Kendari.

“Hal yang pasti bahwa daerah yang belum mendapatkan bantuan tetap kita akan berikan, tinggal menunggu pengajuan surat dari gubernur,” kata Mensos.

Dia berharap bantuan yang diperiuntukkan bagi masyarakat Konut dan Buton segera disalurkan ke warga dengan menggunakan berbagai akses. Dia juga meminta kepada aparat TNI, Polri dan instansi terkait seperti Basarnas dan Tagana untuk terlibat dalam distribusi bantuan dan evakuasi warga.


BACA JUGA: Banjir di Jalur Kendari - Konawe, Warga Menyeberang Pakai Rakit Manual


Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan rasa terima kasih kepada Mensos atas bantuan kepada warga korban banjir di Konawe dan konflik sosial di Buton.

Data dari Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Sultra, di Kabupaten Konawe dan Kolaka Timur tercatat lebih 5.000-an warga yang sudah mengungsi ke tempat lebih aman. Hingga kini, rumah-rumah warga a tergenang banjir dengan ketinggian 1-2 meter lebih. Tim SAR gabungan masih terus menyisir permukiman warga untuk mengevakuasi para korban banjir.


Editor : Maria Christina