Nongkrong di Jam Kerja, Puluhan ASN di Pekanbaru Terjaring Razia

Banda Haruddin Tanjung, Okezone ยท Senin, 10 Juni 2019 - 19:43 WIB
Nongkrong di Jam Kerja, Puluhan ASN di Pekanbaru Terjaring Razia

Ilustrasi para pegawai negeri sipil (PNS) usai melangsungkan halal bihalal. (Foto: Dok Setkab).

PEKANBARU, iNews.id - Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, merazia aparatur sipil negara (ASN) yang nongkrong pada saat jam kerja. Mereka didapati sedang makan dan minum kopi di sejumlah titik kuliner Kota Pekanbaru.

Edy mengatakan, razia ini dilakukan untuk mengetahui kepatuhan pegawai yang digaji dengan menggunakan uang rakyat saat hari pertama kerja usai libur panjang Idul Fitri.

"Saya sangat kecewa dengan ketidakpatuhan ASN. Ini sudah yang kesekian kali kita peringatkan jangan bolos saat jam kerja namun masih banyak yang membandel," kata dia usai razia di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (10/6/2019).

BACA JUGA: Sidak ke Kantor Samsat, Edy Rahmayadi Kritik Soal Pelayanan Petugas dan Calo

Dalam operasi razia itu, Edy didamipingi Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Kepala Satpol PP Riau Zainal Z, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau Ikhwan Ridwan, dan Kepala Badan Kesbangpol Chairul Riski serta puluhan petugas Satpol PP.

Razia dilakukan di delapan tempat nongkrong yakni kedai Kuantan Jaya di Jalan Setiabudi, Lilyana di Jalan Sutomo, di Laris Jalan Karet, di Massa Kok Tong Jalan Arifin Ahmad.

Selain itu di Hokki Jalan Soebrantas, Coffeetoo di Jalan Arifin Ahmad, Sari Rasa di Jalan Sudirman serta Suli, Jalan Belimbing.

BACA JUGA: 718 ASN Pemprov Jatim Absen di Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Ini Penyebabnya

Saat razia ada beberapa pegawai yang berhasil melarikan diri. Namun sebagian besar para pegawai itu berhasil diketahui identitasnya. Mereka yang melanggar akan ditindak sesuai dengan peraturan.

Dari pendataan, ada 30 pegawai yang bolos di hari pertama masuk. Nama nama mereka yang tercatat diserahkan kepada BKD Riau untuk ditindak. Bahkan dari puluhan yang bolos, ada juga pejabat setingkat eselon II.

"Ini ada juga kepala dinas yang juga nongkrong saat jam kerja, bagaimana pemimpin bisa membina bawahannya bila dia saja seperti itu," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal