Padamkan Api, 4 Petugas Damkar di Rejong Lebong Malah Dianiaya Warga

Antara ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 20:26 WIB
Padamkan Api, 4 Petugas Damkar di Rejong Lebong Malah Dianiaya Warga

Petugas pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api yang membakar rumah warga. (Foto: Dok.iNews.id)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

REJANG LEBONG, iNews.id - Empat petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menjadi korban kekerasan yang dilakukan oknum warga di daerah itu saat mereka berupaya memadamkan kebakaran.

Kepala Dinas Damkar Rejang Lebong, Sumardi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat anggotanya berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di rumah warga di Kelurahan Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara, Rabu (10/10) sekitar pukul 20.20 WIB.

"Ada empat orang anggota Damkar yang mengalami luka-luka, ada yang luka di kepala akibat kena lemparan, ada yang kena pukulan tangan dan kena pukulan menggunakan benda tumpul," ujar Sumardi seusai melapor ke Mapolres Rejang Lebong, Kamis (11/10/2018).

Dalam kejadian kebakaran yang menyebabkan dua rumah habis terbakar, dan dua rumah lainnya mengalami kerusakan yang cukup berat itu, kata dia, petugas sudah berupaya maksimal guna memadamkan api. Ada enam unit mobil PBK yang dikerahkan, tetapi kerja keras petugas ini malah mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan.

BACA JUGA: Blower Meledak Pabrik Kayu di Batang Ludes Terbakar, 1 Luka-Luka

Karena itu, pihaknya telah melaporkan oknum warga yang diduga telah melakukan tindak kekerasan terhadap empat petugas Damkar setempat, juga pelaku ujaran kebecian yang menyebarkan informasi, foto dan rekaman video di grup media sosial (FB). Akibat adanya informasi yang tidak benar dan hoaks ini menyebabkan anggotanya dianiaya oknum warga.

Informasi yang beredar di media sosial itu menyebutkan empat mobil PBK macet dan tangkinya tidak terisi air, padahal mereka membawa enam unit mobil PBK dan semuanya tangkinya terisi air.

Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong AKP Jery Antonius Nainggolan mengatakan, petugas Damkar Rejang Lebong telah melaporkan peristiwa kekerasan yang mereka alami dan ujaran kebencian. “Saat ini masih dalam penyelidikan petugas,” ucapnya.

Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Tunas Harapan ini selain menyebabkan empat petugas Damkar luka-luka, juga seorang wartawan media online Rejang Lebong sempat terkena lemparan batu, bahkan saat siangnya juga ada sekelompok pemuda yang meminta sumbangan di pinggir jalan mencoba memukul wartawan yang akan meliput peristiswa kebakaran di lokasi itu.


Editor : Kastolani Marzuki