Palu Diguncang Gempa 5,2 SR Pagi Ini, Warga Berhamburan Keluar

Antara, Donald Karouw ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 07:45 WIB
Palu Diguncang Gempa 5,2 SR Pagi Ini, Warga Berhamburan Keluar

Ilustrasi gempa. (Foto: Okezone)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

PALU, iNews.id – Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) pagi ini, Selasa (9/10/2018), sekitar pukul 04.15 WIB. Warga yang masih trauma berhamburan keluar rumah dan tenda-tenda pengungsian.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa terletak sekitar 5 km arah timur laut Palu, dengan kedalaman mencapai 10 kilometer (km). Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan terjadinya tsunami.

BACA JUGA: Usai Tsunami Terjadi 494 Gempa Susulan di Palu, Hanya 15 yang Terasa

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam siaran persnya menyebutkan, gempa ini merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa susulan dari gempa utama 7,4 SR, September lalu.  Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara salah satu warga, di kawasan Tatura Selatan, Minang, menuturkan, gempa itu terjadi saat kebanyakan warga masih tidur pulas. Mereka langsung terbangun saat merasakan guncangan dan lari keluar dari rumahnya.

Gempa tersebut membuat warga terkejut karena mereka baru saja kembali tidur di rumah setelah mengungsi sejak hari pertama gempa dan tsunami yang terjadi pada 28 September 2018 lalu. Selama pascagempa dan tsunami menghajar Palu dan Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong, Kota Palu masih terus diguncang gempa.


Editor : Maria Christina