Partai Perindo NTT Siapkan 10.000 Relawan untuk Menjadi Saksi di TPS

Okezone ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 16:58 WIB
Partai Perindo NTT Siapkan 10.000 Relawan untuk Menjadi Saksi di TPS

Ilustrasi TPS. (Foto: Okezone)

KUPANG, iNews.id – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Nusa Tenggara Timur (NTT) merekrut 10.000 relawan yang akan menjadi saksi di tempat pemungutan suara (TPS) saat pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019.

Ketua DPW Partai Perindo NTT, Jonarhan Nubatonis mengatakan, rekrutmen para saksi dilakukan di setiap kabupaten dan kota. Perekrutan itu juga bagian dari upaya partai memperbanyak simpatisan dan pemilih pada hari pelaksanaan pemungutan suara nanti.

“Kami sudah rekrut 10.000 orang saksi dan akan ditempatkan di semua TPS yang ada,” kata Jonarhan di Kupang, Kamis (14/3/2019).

BACA JUGA:

Caleg Perindo dan Relawan Jokowi Blusukan Pasar Bagikan Beras Kencur

Ringankan Beban Warga, Perindo Gelar Bazar Beras Murah di Pati

Jonarhan mengatakan, meskipun sebagai relawan, setiap saksi Partai Perindo akan mendapat dana untuk kerja kerasnya. Mereka akan bertugas sejak TPS dibuka pagi hari hingga penghitungan di tingkat TPS dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Begitu juga hingga ke KPU kabupaten, kota dan provinsi.

“Para saksi ini juga akan mendapat pembekalan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kami masih menanti jadwalnya,” katanya.

Terpisah, Komisioner Bawaslu NTT, Baharudin Hamzah, mengatakan pembekalan saksi pemilu 2019 masih menanti jadwal dari Bawaslu Pusat. Sesuai draf jadwal yang sudah ada, pembekalan baru akan digelar pada pekan keempat Maret hingga awal April.

“Rencananya digelar minggu keempat Maret sampai minggu pertama April. Kami masih menanti keputusan Bawaslu RI,” kata Baharuddin.

Pembekalan saksi akan dilakukan di 309 kecamatan di NTT yang dilakukan Panitia Pengawas Kecamatan atau Panwascam. Setiap partai politik hanya boleh mengajukan satu orang saksi untuk ditempatkan di 14.978 TPS yang tersebar di NTT.

“Jadi, satu orang saksi dikali 14.978 TPS dikali 17 parpol ditambah dua saksi paslon presiden dan wakil presiden,” tuturnya.


Editor : Maria Christina