Peringatan Angin Kencang di Sulut, Gubernur: Jangan Bakar Lahan

Okezone, Cahya Sumirat · Kamis, 08 Agustus 2019 - 09:22 WIB
Peringatan Angin Kencang di Sulut, Gubernur: Jangan Bakar Lahan

Petugas berupaya melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar. (Foto: Dok iNews).

MANADO, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) Sam Ratulangi Manado mengingatkan potensi terjadi angin kencang pada Kamis (8/8/2019). Kondisi seperti ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

Angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Manado, Tomohon, Bitung, Minahasa Utara, dan Minahasa Selatan. Kemudian Bolmong bagian utara, Sitaro, Sangihe, dan Talaud. Warga beberapa hari ini sibuk berjaga-jaga, karena atap rumah terancam rusak saat angin kencang melanda permukiman mereka.

BACA JUGA: Kebakaran Landa Kawasan Hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai Jabar

"Saat angin kencang ini, warga jangan sekali-kali membakar lahan, terlebih untuk keperluan membuka lahan," kata Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, kepada wartawan di Kota Manado, Sulut.

Dia mengatakan, telah menginstruksikan Dinas Kehutanan Daerah dan polisi hutan untuk mengantisipasi kebakaran kawasan hutan dan perkebunan rakyat di wilayah Nyiur Melambai.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Sumatera Selatan Semakin Meluas

Berkaitan dengan hal tersebut, Gubernur Olly, menegaskan agar jajarannya melakukan pengawasan lokasi dan titik kawasan hutan rawan terbakar. Selain itu, keterlibatan polisi hutan juga harus dimaksimalkan dengan siaga di pos masing-masing.

"Jadi jika ada api kebakaran sekecil apa pun segera bergerak memadamkan dan berkoordinasi dengan pihak terkait," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal