Pesawat Lion Air Tergelincir, Runway Bandara Supadio Ditutup Sementara

Antara, Isna Rifka Sri Rahayu ยท Sabtu, 16 Februari 2019 - 19:20 WIB
Pesawat Lion Air Tergelincir, Runway Bandara Supadio Ditutup Sementara

Proses evakuasi penumpang pesawat Lion Air JT-714 yang tergelincir di Bandara Supadio Pontianak, Kalbar, Sabtu (16/2/2019). (Foto: IST)

PONTIANAK, iNews.id – Pascainsiden pesawat Lion Air JT-714 tergelincir di Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), aktivitas penerbangan di bandara ditutup untuk sementara, Sabtu sore (16/2/2019). Akibatnya, terjadi penumpukan penumpang di terminal keberangkatan.

Informasi resmi dari Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Supadio Pontianak, Jon Mukhtar Rita, runway atau landasan pacu ditutup sementara karena mereka sedang berupaya mengevakuasi pesawat Lion Air yang keluar dari landas pacu, sesaat setelah mendarat di Pontianak.

Namun, belum ada keterangan resmi dari pihak bandara untuk berapa lama penutuan tersebut. Petugas di konter kedatangan juga tidak berani memberikan komentar pasca penutupan sementara bandara ini.

“Sampai saat ini petugas masih mencoba mengevakuasi pesawat, karena badan pesawat tersebut masuk dalam runway. Makanya, saat ini bandara masih ditutup,” kata salah satu petugas bandara Supadio Pontianak yang enggan menyebutan namanya.

BACA JUGA:

Lion Air JT 714 Tergelincir di Bandara Supadio saat Hujan Deras

Pesawat Tergelincir di Bandara Supadio Pontianak, Lion Air Minta Maaf

Salah satu penumpang Pesawat Garuda tujuan Jakarta, Andi menyatakan dirinya seharusnya terbang sekitar pukul 17.30 WIB. Namun sampai pukul 19.00 WIB, dirinya masih menunggu kepastian keberangkatan pesawat tersebut, akibat ditutupnya Bandara Supadio.

“Mau tidak mau masih harus menunggu, apa terbang malam ini atau tidak. Yang jelas kita juga masih menunggu informasi lanjut dari maskapai,” kata Andi.

Diketahui, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-714 yang melayani rute dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tujuan Bandara Supadio, Pontianak, Kalbar, mengalami keluar landas pacu (over run) sesaat setelah mendarat di Pontianak. Saat situasi ini terjadi, jarak pandang dilaporkan memenuhi persyaratan pendaratan dan kondisi hujan.

Penerbangan JT-714 membawa tujuh kru dengan 180 penumpang dewasa dan dua bayi. Pesawat lepas landas dari Soekarno-Hatta pukul 13.50 WIB. Seluruh penumpang dan kru sudah dievakuasi dengan keadaan selamat.


Editor : Maria Christina