Petugas Perbatasan Tahan Mobil yang Akan Diselundupkan ke Timor Leste

Sefnat Besie ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 10:56 WIB
Petugas Perbatasan Tahan Mobil yang Akan Diselundupkan ke Timor Leste

PLBN Wini. (Foto: Okezone)

WINI, iNews.id - Petugas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), mengamankan sebuah mobil Toyota Avanza Veloz Warna Putih dengan nomor polisi DH 1177 EC. Kendaraan tersebut diduga akan diselundupkan ke Timor Leste.

Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Timor Lesta Sektor Barat, Mayor Inf Hendra Saputra mengatakan, mobil tersebut dikemudikan DE, dengan tujuan akan melintas masuk ke Distrik Oekusi Timor Leste. Namun saat petugas mencocokan surat-surat kendaraan dengan nomor mesin mobil ternyata berbeda.

BACA JUGA: 2 Tahun Diresmikan, PLBN Motaain Jadi Objek Wisata Selfie

"Petugas kemudian meminta penjelasan si pengemudi. Katanya, mobil ini milik anggota Polres Belu, AB, yang tinggal di Tenubot Kuneru, Kelurahan Manumutin, Kota Atambua," kata Hendra saat dikonfirmasi wartawan di PLBN Wini, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU, NTT, Kamis (6/12/2018).

Karena ada ketidakcocokan dokumen, petugas pun menanggap kasus ini sebagai upaya penyelundupan. Laporan ini dilanjutkan ke Subdenpom IX/1-3 Atambua untuk proses lebih lanjut.

Menurut, Mayor Hendra, sebelumnya pihak TNI ingin menyerahkan mobil tersebut ke Bea dan Cukai Atambua, tapi pihak bea cukai mengindikasi adanya dugaan penyelundupan. Karena itulah, proses selanjutnya diarahkan ke jajaran kepolisian.

BACA JUGA: Menilik Pelayanan PLBN Entikong, Pintu Gerbang di Perbatasan Malaysia

"Untuk pengemudi DE, kami bebaskan karena tidak bisa diproses secara hukum. Sedangkan, mobil tersebut diamankan di Kantor Subdenpom IX/1-3 Atambua," ujar dia.

Menyikapi temuan ini, Mayor Hendra meminta para petugas di PLBN lebih waspada. Serta intensif dalam melaksanakan tugas mereka demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal