Polisi Akan Tetapkan Sipir Rutan Siak Sebagai Tersangka

Banda Haruddin Tanjung, Sindonews ยท Senin, 20 Mei 2019 - 18:38 WIB
Polisi Akan Tetapkan Sipir Rutan Siak Sebagai Tersangka

Ilustrasi pemindahan napi di Rutan Siak. (Foto: Dok iNews).

SIAK, iNews.id - Polisi membuka kemungkinan akan menetapkan status tersangka kepada petugas keamanan (sipir) di Rutan Kelas II B Kabupaten Siak, Riau. Untuk itu, kasus ini masih perlu pendalaman lebih lanjut.

Kapolres Siak, AKBP Ahmad David, menjelaskan ada dua sipir yang terus diperiksa terkait kerusuhan yang berujung pembakaran Rutan Siak. Keduanya diduga menjadi pemicu yang menimbulkan kerusuhan.

"Dalam waktu dekat ada peningkatan status (jadi tersangka) dua sipir Rutan Siak," kata David kepada wartawan, Senin (20/5/2019).

BACA JUGA: Tersisa 6 Napi Kabur dari Rutan Siak Masih Diburu Polisi

Untuk peningkatan status kedua sipir, pihak kepolisian dalam waktu dekat melakukan gelar perkara. Setelah dilakukan gelar perkara, baru ditentukan siapa saja tersangkanya.

"Dalam waktu dekat ini kita segara lakukan gelar perkara untuk peningkatan status," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, M Diah, menyerahkan sepenuhnya proses hukum terhadap sipir Rutan Siak yang diduga melakukan penganiayaan tahanan saat operasi razia narkoba.

Dia menegaskan, petugas yang bertugas tidak sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) harus mendapatkan sanksi.

BACA JUGA: Kabur Dari Rutan Siak, 3 Tahanan Ini Bersembunyi di Hutan dan Minum Air Parit

"Untuk sipir juga sudah kita periksa internal. Untuk yang di polisi kita serahkan sesuai proses hukum saja," ujar dia.

Sebelumnya, kerusuhan di Rutan Siak terjadi pada Sabtu (11/5/2019) diduga karena penganiayaan sipir kepada tahanan saat melakukan razia narkoba.

Kerusuhan itu berujung pembakaran rutan dan kaburnya ratusan tahanan. Saat ini tersisa enam tahanan yang masih bebas dan menjadi buron petugas kepolisian.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal