Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pembakaran 87 Rumah di Gunung Jaya Buton

Andhy Eba · Sabtu, 08 Juni 2019 - 09:03 WIB
Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pembakaran 87 Rumah di Gunung Jaya Buton

Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto bersama Pangdam XIV Hasanuddin Makassar, Gubernur Sultra dan Bupati Buton saat kunjungi warga korban bentrokan. (Foto: iNews/Andhy Eba)

BUTON, iNews.id – Tiga hari pascabentrok yang mengakibatkan 87 rumah warga Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siontapina, Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), terbakar, belum ada satupun pelaku yang ditangkap. Kendati demikian, Polda Sultra mengaku sudah mengantongi identitas para pelaku.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto meminta para pelaku agar segera menyerahkan diri. Mereka ditengarai berasal dari Desa Sampobalo, yang bertikai dengan warga Desa Gunung Jaya.

“Kami meminta dengan tegas kepada para pelaku pembakaran segera menyerahkan diri. Jika tidak, polisi akan melakukan langkah tegas dengan menangkap para pelaku,” ujar Iriyanto, Jumat (7/6/2019) malam.

BACA JUGA: Gubernur Sultra Akan Bangun Rumah Warga Terbakar akibat Bentrokan

Kapolda menegaskan, polisi saat ini masih melakukan langkah persuasif. Namun jika warga tidak kooperatif, maka tindakan tegas akan ditempuh sesuai hukum yang berlaku.

"Kami lakukan bertahap agar mereka mau menyerahkan diri. Semua tindakan ada konsekuensinya dan pelaku harus bertanggungjawab. Kami juga sudah memiliki alat bukti yang cukup dan ada keterangan dari saksi-saksi," katanya.

Pantauan iNews, Kapolda bersama Pangdam XIV Hasanuddin Makassar dan Gubernur Sultra datang mengunjungi dua desa yang berkonflik. Yakni Desa Gunung Jaya dan Sampowabalo, Jumat (7/6/2019) malam. Kapolda meminta kedua warga untuk menahan diri agar tidak terjadi bentrokan susulan dan menimbulkan korban jiwa.


Editor : Donald Karouw