Polisi Pastikan Isu Tsunami di Babel Hoaks

Antara ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB
Polisi Pastikan Isu Tsunami di Babel Hoaks

Ilustrasi ombak tinggi di perairan pantai. (Foto: Dok iNews).

PANGKALPINANG, iNews.id - Polda Bangka Belitung (Babel) memastikan isu adanya tsunami di daerahnya merupakan kabar hoaks. Sebab, wilayah tersebut bukan ring of fire bencana tsunami, sehingga tak perlu khawatir berlebihan.

"Omong kosong kalau akan terjadi tsunami di Babel," kata Kapolda Babel, Brigjen Pol Istiono, saat rapat koordinasi persiapan arus mudik Lebaran 2019 di Kota Pangkalpinang, Babel, Kamis (23/5/2019).

BACA JUGA: Banjir Bandang Terjang 4 Kecamatan di Lebak Banten, Ratusan Rumah Terdampak

Menurut dia, isu tsunami dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan di sentra-sentra pariwisata di Babel selama lebaran Idul Fitri. Karena itu, kabar hoaks jangan sampai meluas ke publik, apalagi potensi bencana di sini sangat tipis.

Babel, kata dia, bukan daerah ring of fire, yakni rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini tampak seperti trapal kuda, dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 kilometer.

"Sangat tipis terjadi tsunami di perairan Babel Oleh karena itu, masyarakat dan wisatawan jangan percaya isu-isu yang tidak jelas tersebut," katanya.

BACA JUGA: Sempat Putus Diterjang Banjir, Jalur Trans Palu-Kulawi Sudah Bisa Dilewati

Menurut dia isu-isu tsunami sempat dipercayai masyarakat. Seperti saat Natal tahun lalu masyarakat Toboali Kabupaten Bangka Selatan meyakini adanya bencana tersebut.

"Tengah malam masyarakat harus mengungsi karena isu tsunami ini. Untung tidak ada korban jiwa akibat berita hoaks tersebut," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal