Polres Pelawan Gandeng Ustaz untuk Menindak Pelanggar Lalu Lintas

Antara ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 15:15 WIB
Polres Pelawan Gandeng Ustaz untuk Menindak Pelanggar Lalu Lintas

Ilustrasi pengendara yang ditilang. (Foto: Okezone).

PEKANBARU, iNews.id - Polres Pelawan memiliki cara unik untuk menyadarkan para pelanggar lalu lintas pada bulan Ramadan. Mereka melibatkan ustaz untuk memberikan ceramah bagi mereka yang kedapatan melanggar.

Kasatlantas Polres Pelalawan, AKP Anindita Rizal mengatakan, cara ini dinilai dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang keluar pada sore hari jelang berbuka puasa.

"Mereka kerap melanggar seperti tidak menggunakan helem atau tidak melengkapi surat-surat berkendara," kata Rizal kepada wartawan di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (19/5/2019).

BACA JUGA: Arus Lalu Lintas di Jalur Bocimi Terganggu akibat Longsor di Caringin

Para ustaz nanti yakni mendampingi anggota polisi di lapangan. Tugas mereka yakni memberikan siraman rohani kepada pengendara yang terjaring razia.

Ustaz memberikan ceramah agama kepada pelanggar lalu lintas yang intinya agar mengutamakan keselamatan dengan mematuhi aturan.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Milenial Kendal Deklarasi Tertib Lalu Lintas

"Kita berupaya memberikan pencerahan dari perspektif agama kepada mereka yang melanggar lalu lintas. Sementara yang mematuhi kita juga berikan takjil," ujarnya.

Melengkapi diri dengan kelengkapan berlalu lintas juga upaya melindungi diri dan membantu kepolisian menegakkan aturan. Polisi pun meminta kepada pengendara yang taat aturan agar mempertahankannya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal