Prajurit TNI Kodam XIII Merdeka Bersih-Bersih Puing dan Sampah di Palu

Dony Aprian ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:16 WIB
Prajurit TNI Kodam XIII Merdeka Bersih-Bersih Puing dan Sampah di Palu

Seorang prajurit TNI saat membantu mengarahkan alat berat untuk membersihkan puing reruntuhan dan sampah di Palu, Sulteng. (Foto: Puspen TNI)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

PALU, iNews.id – Prajurit TNI membantu pembersihan puing-puing dan reruntuhan bangunan akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Jumat (28/9/2018) lalu. Dalam aksinya itu, TNI mengerahkan sejumlah alat berat seperti Backhoe Loader.

Proses pembersihan ini dipimpin langsung Komandan Denzipur 4/YKN Mayor Czi Bhakti Yuhandika dari Detasemen Zeni Tempur 4/Yudha Karya Nyata (Denzipur 4/YKN) Kodam XIII/Merdeka. Kodam XIII/Merdeka merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo dan Sulteng.

“Kami membantu membersihkan reruntuhan dan puing bangunan yang ada di sekitar Jalan Kartini, Kota Palu. Selain puing reruntuhan, kami juga membersihkan tumpukan sampah yang berserakan akibat gelombang tsunami,” kata Yuhandika, Senin (8/10/2018).

BACA JUGA: Truk Bawa Bantuan Gempa Palu Tabrak Motor di Trans Sulawesi, 2 Tewas

Pembersihan tersebut bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas. Kelancaran lalu lintas sangat penting untuk mempermudah masyarakat Kota Palu dalam melakukan segala aktivitasnya.


Selain membersihkan puing reruntuhan, sedikitnya 300 Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti (WYC), Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandra Guna (Yonzipur 8/SMG) dan Batalyon Pasukan Marinir (Pasmar) juga  membantu pendistribusian logistik bagi korban bencana gempa di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulteng.

Prajurit TNI dari tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) tersebut, membantu pendistribusian logistik yang akan disalurkan ke daerah-daerah terdampak bencana gempa bumi dan tsunami di Posko Bantuan yang dipusatkan di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu.


Bantuan itu di antaranya berupa makanan, selimut, susu dan beras. Bantuan akan disalurkan kepada masyarakat yang terkena musibah bencana gempa bumi dan tsunami di 120 desa meliputi wilayah Palu, Donggala dan Kabupaten Sigi.


Editor : Donald Karouw