Ratusan Kios di Pasar Pendopo Muara Teweh Ludes Terbakar

Kastolani, Antara ยท Rabu, 25 Juli 2018 - 23:11 WIB
Ratusan Kios di Pasar Pendopo Muara Teweh Ludes Terbakar

Kebakaran hebat melanda Pasar Toraja, Sulawesi Selatan. (Foto: Dok.iNews.id)

MUARA TEWEH, iNews.id – Ratusan kios dan los milik pedagang di kawasan Pasar Pendopo Jalan Maluku dan Jalan Panglima Batur Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, habis terbakar, Rabu (25/7/2018) malam.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan 350 kios milik sekitar 600-an pedagang berbagai barang dagangan baik sayur mayur, ikan, ayam, daging, sembako, hingga jasa konveksi, dan lainnya itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB. "Api sangat cepat dan upaya pemadaman cukup sulit karena bangunan yang terbakar berada di bagian dalam atau tengah," kata Adi, warga setempat ketika ditemui dilokasi kebakaran.

Api yang diduga berasal dari bagian tengah pasar itu sangat cepat menghanguskan bangunan yang sebagian besar berkonstruksi kayu dan semi permanen itu.

BACA JUGA:

Ditinggal Pergi, Rumah Semi Permanen di Kendal Ludes Terbakar

Puluhan Bangunan Vila Mewah di Kuta Selatan Ludes Terbakar


Pemkab Barito bahkan harus mengerahkan semua mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan api. Selain itu, mobil kepolisian dan mobil tangki milik warga juga dilibatkan untuk memadamkan kobaran api. Meski demikian, upaya pemadaman belum membuahkan hasil maksimal.

Sebagian besar pedagang yang berada di bagian dalam harus merelakan barang dagangannya ludes dilalap api karena mereka tidak sempat menyelamatkan barang dagangannya.

Sementara pedagang lain masih bisa menyelamatkan barang dagangannya terutama yang berada di kios bagian luar. "Kios saya ikut juga terbakar, namun barang dagangan berupa pakaian konveksi masih bisa diselamatkan," kata seorang pedagang konveksi Agus Caturnata.

Hingga pukul 22.00 WIB, petugas gabungan masih berupaya memadamkan api yang masih menyala. Belum diketahui adanya korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. Namun, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai miliaran rupiah. Terbakarnya Pasar Pendopo ini merupakan yang ketiga kalinya.


Editor : Kastolani Marzuki