Rusuh Pembakaran Rumah Warga di Buton, 38 Warga Ditetapkan Tersangka

Andhy Eba ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 12:26 WIB
Rusuh Pembakaran Rumah Warga di Buton, 38 Warga Ditetapkan Tersangka

Kapolres Buton AKBP Andi Herman memberikan pengertian kepada warga yang dipulangkan karena tak terlibat dalam pembakaran rumah di Desa Gunung Jaya. (Foto: iNews/Andhy Eba)

BUTON, iNews.id – Kerusuhan akibat bentrokan warga Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo di Kecamatam Siotapina, Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) berbuntut panjang. Polda Sultra menetapkan 38 warga Desa Sampuabalo sebagai tersangka atas kasus pengerusakan dan pembakaran rumah warga Gunung Jaya.

Penetapan tersangka berdasarkan pemeriksaan terhadap 83 terduga pelaku yang telah diamankan pada Sabtu (8/6/2019). Di mana dalam kasus tersebut, sedikitnya 75 rumah warga Desa Gunung Jaya ludes terbakar.


“Jadi dari 83 yang kami bawa untuk diminta keterangan. Sebanyak 45 warga kami pulangkan karena tidak terlibat. Sementara sisanya 38 warga telah ditetapkan tersangka,” ujar Kapolres Buton AKBP Andi Herman, Selasa (11/6/2019).

BACA JUGA: Bentrok Warga 2 Desa di Buton Makan Korban, Dinkes: 2 Orang Tewas dan 8 Luka

Dia menjelaskan, tidak semua warga yang diamankan bersalah dalam kasus tersebut. Semua berdasarkan hasil pengembangan dan penyelidikan petugas.

Diketahui, warga Gunung Jaya dan Sampoabalo terlibat bentrok pada Rabu (5/6/2019). Puluhan warga menyerang Desa Gunung Jaya dan membakar 75 rumah. Dugaan sementara, motif bentrokan antarwarga ini hanya karena persoalan sepele. Namun kondisi saat ini sudah berangsur kondusif.


Editor : Donald Karouw