Satgas Kostrad Kembali Evakuasi 5 Jenazah Korban Gempa di Petobo

Huzair Zainal ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 21:46 WIB
Satgas Kostrad Kembali Evakuasi 5 Jenazah Korban Gempa di Petobo

Tim Satgas Divisi 3 Kostrad dan Basarnas berhasil mengevakuasi lima jenazah yang tretimbun tanah di Kecamatan Petobo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10/12018). (Foto: iNews.id/Huzair Zainal)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

SIGI, iNews.id – Tim Satgas PRC Divisi I Kostrad dan relawan kembali mengevakuasi lima jenazah yang tertimbun tanah di wilayah Petobo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10/2018).

Kelima jenazah tersebut ditemukan petugas gabungan di timbunan tanah sedalam empat meter lebih. Petugas dari Kostrad bahkan harus berjibaku selama berjam-jam untuk mengangkat kelima jenazah yang tertimbun tanah.

Danki Pengamanan dan Evakuasi Satgas PB Divisi 3 Kostrad, Lettu Inf Daud mengatakan, Kecamatan Petobo menjadi salah satu titik terparah dampak bencana gempa. “Selain kondisi tanah di lokasi yang rawan amblas dan berair namun juga rata-rata korban tertimbun bangunan rumah. Hal itu yang menyulitkan petugas untuk mengevakuasi para korban,” katanya.

Selain TNI, pencarian korban juga dibantu tim dari Basarnas, serta beberapa tim relawan yang ikut membantu jalannya evakuasi. Proses evakuasi juga dibantu alat berat karena medan yang cukup sulit lantaran korban banyak yang tertimpa reruntuhan bangunan dan tertimbun material longsor.

Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) diperpanjang selama 14 hari. Keputusan itu berdasarkan pertimbangan masih banyaknya kebutuhan dasar masyarakat terdampak bencana di pengungsian.

BACA JUGA:

Masa Tanggap Darurat Bencana Sulawesi Tengah Diperpanjang 14 Hari

Usai Pencarian Besar-Besaran, BNPB Imbau Jangan Cari Korban Sendirian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hasil rapat koordinasi Gubernur Sulawesi Tengah, kepala daerah di wilayah terdampak bencana, Kementerian dan lembaga terkait pada Kamis (11/10/2018), pukul 09.00 Wita, diputuskan masa tanggap darurat diperpanjang.

Kendati masa tanggap darurat diperpanjang, Sutopo menjelaskan, proses pencarian dan evakuasi korban gempa bumi dan tsunami di sejumlah daerah di Sulteng akan diakhir Jumat (12/10/2018) besok. Evakuasi tersebut baik untuk di Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kabupaten Parigi Moutong, dan di Kota Palu.


Editor : Kastolani Marzuki