Sebelum Terbang, Rio Korban Lion Air Berkali-kali Peluk Calon Istrinya

Okezone ยท Sabtu, 03 November 2018 - 21:53 WIB
Sebelum Terbang, Rio Korban Lion Air Berkali-kali Peluk Calon Istrinya

Sejumlah papan bunga ungkapan dukacita tampak di halaman rumah duka Rio di Pangkalpinang. Rio merupakan salah satu korban Lion Air. (Foto: Okezone/Arsan Mailanto)

PANGKALPINANG, iNews.id – Duka mendalam masih meliputi keluarga para korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610. Salah satunya keluarga Rio Nanda Maulana Pratama (26), asal Pangkalpinang, Bangka Belitung. Korban yang berprofesi sebagai dokter seharusnya menikah pada 11 November 2018 ini dengan Intan Indah Sari (26).

Calon mertua Rio, Ani (51) mengatakan, tragedi yang dialami Rio bersama ratusan penumpang Lion Air lain membuat mereka terkenang saat terakhir bertemu dia. Sikap Rio ketika hendak berangkat ke Jakarta dinilai sedikit aneh. Saat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang pada Jumat (2610/2018) siang, Rio berkali-kali memeluk Intan yang mengantarkan kepergiannya.

“Tingkah dia (Rio) enggak seperti biasanya. Rio yang diantar oleh Intan berkali-kali memeluk Intan seperti mengisyaratkan berat untuk meninggalkannya. Padahal Rio cuma pelatihan beberapa hari di Jakarta,” ungkap Ani di kediaman keluarga Rio di Taman Sari, Gerunggang, Pangkalpinang, Sabtu (3/11/2018).

Ani mengatakan, dirinya dan putrinya Intan sangat kaget usai mendapat informasi pesawat Lion Air yang ditumpangi Rio rute penerbangan Jakarta-Pangkalpinang hilang kontak. “Anak saya Intan, syok, kaget dapat informasi pesawat yang dinaiki Rio hilang kontak. Saking syoknya, sebelum berangkat ke Jakarta untuk melihat kondisi pesawat tersebut, Intan beberapa kali pingsan,”kata Ani.

BACA JUGA:

Pelukan Sang Ayah untuk Candra Korban Lion Air Sebelum Dimakamkan

Sebelum Terbang, Jannatun, Korban Lion Air Minta Didoakan Adiknya

Selain itu, malam sebelum kejadian, Rio sempat menelepon Intan lewat video call hingga lima kali. Dia bertanya Intan mau dibelikan apa. Intan kemudian meminta Rio membeli sandal. Rio juga sempat memberi kabar saat dirinya sudah berada di dalam pesawat.

Rio, yang berprofesi sebagai dokter umum di UGD Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, berencana menikah dengan kekasihnya Intan. Undangan pernikahan pun telah disebar. Acara seyogiayanya digelar di Gedung Graha Timah Pangkalpinang. 

“Rio dan anak saya (Intan) pada Minggu 11 November 2018 akan akad nikah dan resepsinya pada 23 Desember di Gedung Graha Timah. Undangan sudah kam isebar dan suvenir juga sudah disiapkan,” ungkap Ani.

BACA JUGA:

Sosok Syachrul Anto, Penyelam yang Gugur saat Cari Korban Lion Air

DVI Identifikasi 306 DNA dari 73 Kantong Jenazah Korban Lion Air

Sementara tante Rio, Eti (55) mengungkapkan, musibah ini meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga. Apalagi, dia sangat dekat dengan keponakannya. Rio sempat menyampaikan niatnya melanjutkan pendidikan menjadi dokter spesialis.

“Orangnya periang, mudah bercanda, dan saya dekat dengan dia. Kami juga baru-baru ini jalan-jalan ke Magelang mengunjungi adiknya Rio yang sekolah di SMA Taruna, Magelang. Belum lagi saat Rio lamaran tanggal 20 Oktober, kami datang,” katanya.

Eti mengatakan, keluarga tetap berdoa akan keajaiban dan mukjizat dari Allah SWT. Namun, keluarga sudah pasrah dan ikhlas atas tragedi jatuhnya Lion Air JT-610 tersebut. “Hingga saat ini pun kami belum ada kabar terbaru mengenai Rio. Cuma ada informasi tas, sepatu, dan ID Card dokter dia saja ditemukan oleh tim gabungan Basarnas,” paparnya.


Editor : Maria Christina