Sempat Sesak Napas, Titi Wati Siap Jalani Tindakan Medis di RSUD

Ade Sata ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 16:52 WIB
Sempat Sesak Napas, Titi Wati Siap Jalani Tindakan Medis di RSUD

Titi Wati, wanita obesitas dengan bobot 350 kg menjalani pemeriksaan medis di RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya, Kalteng. (Foto: iNews.id/Ade Sata)

PALANGKARAYA, iNews.id – Pasca-dievakuasi dari rumahnya, Titi Wati (37) wanita dengan bobot 350 kg mulai menjalani pemeriksaan dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat (11/1/2019).

Secara umum penderita kelebihan berat badan atau obesitas ini kondisinya masih stabil meski sempat mengalami sesak napas. Titi kini dirawat di Ruang Edelweis Kamar Nomor 25 RSUD tersebut. Selain memeriksa kesehatan Titi, tim dokter juga telah mengambil sample darah untuk diperiksa di laboratorium.

Ditemui di RSUD, Titi berharap ke depannya ada perubahan yang lebih baik. Dia juga mengaku siap menjalani seluruh tahapan tindakan medis yang diberikan oleh tim dokter nantinya. “Ya, harapannya yang lebih baik. Seterusnya. Bisa kembali seperti awal. Saya siap menjalani pemeriksaan,” katanya.

Humas RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya, dokter Theodorus Sapta Atmadja mengatakan, pada dasarnya kondisi Titi saat ini masih terbilang stabil meski awalnya sempat mengalami sesak napas saat dievakuasi dari rumahnya.

“Sempat sesak napas setelah dievakuasi, tapi sekarang sudah kembali stabil. Tadi juga sudah diambil sampel darahnya,” kata Theodorus.

BACA JUGA:

Evakuasi Titi Wati Penderita Obesitas ke Rumah Sakit Libatkan 20 Orang

Keluarga Setuju Bawa Titi Wati ke RS, Dinkes Malah Tak Kasih Kepastian

Rencananya, kata dia, Sabtu (12/1/2019) siang, Titi Wati masih akan menjalani rontgen dada, USG saluran pencernaan, serta menguji kapasitas jantung anatomi jantung dan lain-lain.

Diketahui, Titi Wati, ibu rumah tangga penderita obesitas yang memiliki bobot 350 kilogram (kg), akhirnya dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan melibatkan 20 orang, Jumat (11/1/2019) pagi. Untuk bisa mengeluarkan perempuan berusia 37 tahun itu dari rumah, tim evakuasi harus menjebol pintu depan.

Sebelum dievakuasi, Titi Wati yang menggelar doa bersama sempat mengeluarkan air mata. Dia mengaku gugup karena seumur hidupnya baru kali ini menjalani operasi. Namun, setelah enam tahun menderita obesitas dan tidak dapat beraktivitas normal, Titi Wati pasrah dievakuasi ke rumah sakit untuk segera ditangani pihak medis.

Dari pantauan iNews.id, tidak mudah untuk mengevakuasi Titi. Tim evakuasi terpaksa harus menjebol pintu depan rumah kontrakan yang disewa Titi selama ini, sehingga bisa mengeluarkannya dan membawanya ke mobil.

Setelah pintu dibongkar atas persetujuan dari pemilik rumah, 20 orang kemudian mengangkat tubuh Titi yang berbobot 350 kg. Tim bersama-sama mengangkat Titi secara perlahan dan menaikkannya ke mobil bak terbuka.


Editor : Kastolani Marzuki