Seorang Napi Narkoba Tewas Gantung Diri di Lapas Pontianak

Antara ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:15 WIB
Seorang Napi Narkoba Tewas Gantung Diri di Lapas Pontianak

Ilustrasi korban tewas gantung diri. (Foto: Istimewa).

PONTIANAK, iNews.id - Seorang narapidana di Lapas Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), ditemukan tewas tergantung di WC lapas. Korban diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Korban, Bong Min aliasi Amin, ditemukan tewas tergantung di WC lapas pada Rabu (16/10/2019) pagi. Kini polisi masih mendalami motif narapidana tersebut melakukan bunuh diri.

"Polisi sedang mendalami motif, penyebab dan alasan yang bersangkutan melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri," kata Kapolresta Pontianak AKBP Ade Ary Syam Indradi di Kota Pontianak, Kalbar.

BACA JUGA: Pria di Tasikmalaya Ditemukan Tewas di Ruang Tamu, Belum Diketahui Penyebab Kematian Korban

Sebelumnya, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Kalbar, Suprobowati mengatakan, korban seorang mualaf. Sebelum masuk ke dalam Lapas Pontianak, dia ditahan di Lapas Sambas dan Singkawang.

"Alasan pemindahannya untuk mengantisipasi terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," ujarnya.

Blok yang ditempati korban memang khusus untuk warga binaan lapas yang terjerat kasus narkoba. Lokasi penemuan mayat Bong Min berada di kamar 5.

BACA JUGA: Warga Polewali Mandar Geger Penemuan Mayat Perempuan dalam Karung di Saluran Irigasi

Dalam satu kamar, kata dia, dihuni sebanyak 14 narapidana. Di dalam lapas terdapat fasilitas WC berukuran cukup kecil yang bisa digunakan oleh satu penghuni kamar.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap saksi-saksi, tidak ada yang mencurigakan antarpenghuni di kamar 5, seperti pertengkaran, perselisihan atau perkelahian," ujar dia.

Saat ditemukan, jasad korban Bong Min tergantung di WC dengan seutas tali rafia yang disangkutkan ke sebuah paku menempel di tembok. Hingga kini kasus dugaan bunuh diri tersebut masih didalami polisi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal