Sepasang Remaja di Pandeglang Ditetapkan sebagai Tersangka Pembuangan Janin Bayi

Sindonews.com, Rasyid Ridho ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 18:28 WIB
Sepasang Remaja di Pandeglang Ditetapkan sebagai Tersangka Pembuangan Janin Bayi

Ilustrasi janin. (Foto: Istimewa)

PANDEGLANG, iNews.id - Polres Pandeglang, Banten menetapkan sepasang remaja sebagai tersangka kasus pembuangan janin bayi di pekarangan rumah warga di Kampung Kahuripan, Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Minggu (1/12/2019) pagi. Keduanya tidak ditahan dengan alasan masih di bawah umur dan tengah mengikuti ujian sekolah.

Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto mengatakan setelah penyelidikan, Mrt (16) dan pacarnya Az (15) ditetapkan menjadi tersangka. Mrt merupakan pelaku yang membuang janin bayi.

"Kita sudah menetapkan kedua pelaku sebagai tersangka," kata Sofwan di Mapolres Pandeglang, Selasa (3/12/2019).

Penetapan tersangka setelah penyidik mendapatkan dua alat bukti dan keterangan dari empat saksi. Selain itu hasil visum dari salah satu tersangka juga menguatkan, lantaran ditemukan ada luka sobek di kemaluannya.

BACA JUGA: Hamil di Luar Nikah, Gadis Ini Gugurkan Kandungan dan Kubur Janin di Toilet Masjid di Gowa

Sofwan menambahkan, polisi juga mengecek handphone dan ditemukan ada percakapan antara Mrt dan Az. “Az mengeluhkan pacarnya, Mrt hamil,” katanya.

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, keduanya tidak ditahan karena masih di bawah umur dan sedang mengikuti ujian semester di sekolah.

"Kita tidak menahan karena masih anak-anak juga sedang mengikuti ujian. Jangan sampai kasus hukum ini sampai menumbulkan masalah baru," kata mantan Ketua Satgas Pemberantasan Mafia Tanah Polda Banten itu.

Keduanya diancam Pasal 76 C jo Pasal 80 ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2014, tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah