Sungai Silo di Dompu NTB Meluap, 1.655 Warga Terdampak Banjir

Antara ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 00:27 WIB
Sungai Silo di Dompu NTB Meluap, 1.655 Warga Terdampak Banjir

Banjir merendam sejumlah kelurahan di Kabupaten Dompu, NTB akibat meluapnya Sungai Silo. (Foto: Dok.iNews.id)

DOMPU, iNews.id - Banjir akibat meluapnya Sungai Silo di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) merendam sejumlah kelurahan, Jumat (11/1/2019) sore. Bencana yang terjadi sekitar pukul 17.00 WITA itu  mengakibatkan sebanyak 311 kepala keluarga (KK) atau 1.655 jiwa terdampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Dompu, Imran M Hasan mengatakan, ribuan jiwa warga terdampak banjir tersebar di tiga kelurahan, yakni Bada, Bali I, dan Karijawa.

Di Kelurahan Bada, kata dia, ada ratusan kepala keluarga terdampak banjir. Mereka tersebar di Lingkungan Kotabaru sebanyak 104 KK dan Lingkungan Mantro 75 KK. “Sementara di Kelurahan Bali l, tersebar di Lingkungan Kampo Samporo sebanyak 55 KK, dan Lingkungan Sigi, Kelurahan Karijawa 97 KK,” katanya.

BACA JUGA:

Tanggul Kali Bapoh Jebol, Ratusan Rumah di Pati Terendam Banjir

Hujan Deras Sejak Semalam, 643 Rumah di Bolmut Terendam Banjir

Banjir hingga 1 Meter Rendam Puluhan Rumah Warga di Gorontalo Utara

Imran mengatakan, hingga kini, belum ada laporan korban jiwa dalam bencana alam yang melanda tiga kelurahan tersebut. Namun ratusan rumah penduduk terendam air hingga setinggi satu meter akibat meluapnya air sungai ketika hujan lebat terjadi selama dua jam.

Menurut Imran, air Sungai Silo meluap karena tidak mampu menampung air hujan dan air kiriman dari hulu wilayah Kabupaten Bima bagian barat.

BPBD sudah menyalurkan bantuan bahan makanan berupa nasi bungkus untuk 1.655 jiwa yang tersebar di tiga kelurahan terdampak banjir.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB agar memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga terdampak," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki