Terancam PHK, Pengemudi Ojol Gelar Aksi Besar-besaran di Pontianak

Uun Yuniar ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 18:52 WIB
Terancam PHK, Pengemudi Ojol Gelar Aksi Besar-besaran di Pontianak

Pengemudi ojek online menggelar sweeping dalam rangka menggelar aksi besar-besaran. (Foto: Dok iNews).

PONTIANAK, iNews.id - Ratusan pengemudi ojek online di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Uray Bawadi. Mereka memprotes kebijakan manajemen terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak.

Korlap Aksi, Supriyadi mengatakan, aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap rekan sesama ojek online (ojol) yang dikenakan sanksi PHK. Menurutnya, keputusan manajemen tersebut tidak manusiawi.

"Apalagi rekan-rekan kami ini menggantungkan hidupnya sebagai pengemudi ojek online," kata Supriyadi di sela-sela aksi di Kota Pontianak, Kalbar, Kamis (18/7/2019).

Menurut dia, PHK pihak manajemen kantor cabang Kota Pontianak, Kalbar, membuat para pengemudi ojol semakin khawatir. Karena, PHK awalnya terhadap 140 orang, sekarang semakin bertambah setiap harinya.

Supriyadi menilai, PHK ini dilakukan secara sepihak tanpa dasar dan alasan yang jelas. Para pengemudi pun menggelar aksi untuk meminta kejelasan alasan pihak manajemen melakukan PHK terhadap rekan-rekan mereka.

"Sebenarnya apa dasar manajemen melakukan PHK terhadap kami. Harus ada alasan yang jelas, karena pemutusan hubungan kerja ini semakin meluas," ujar dia.

Aksi para pengemudi ojol ini kemudian ditanggapi pihak manajemen. Aspirasi tersebut akan disampaikan ke manajemen pusat. Unjuk rasa para pengemudi ini sempat mendapat pengawalan ketat pihak kepolisian.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal