Terdampak Kabut Asap Riau, Sejumlah Warga Pekanbaru Mengungsi ke Daerah Lain

Antara ยท Jumat, 13 September 2019 - 16:45 WIB
Terdampak Kabut Asap Riau, Sejumlah Warga Pekanbaru Mengungsi ke Daerah Lain

Warga terganggu dampak kabut asap Riau. (Foto: Dok iNews).

PEKANBARU, iNews.id - Sejumlah warga di Kota Pekanbaru memilih untuk mengungsi ke daerah lain lantaran terdampak kabut asap Riau. Banyak dari mereka pergi via pesawat karena jarak pandang terbatas melalui jalur darat.

"Kami putuskan ke Jakarta karena enggak tahan asapnya di sini (Pekanbaru)," kata seorang warga, Sylviawati (27) ketika ditemui di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jumat (13/9/2019).

Dia mengatakan, kualitas udara akhir-akhir ini sangat buruk akibat kabut asap. Selain bau menyengat, dampaknya juga membuat napas sesak. Kota Pekanbaru, kata dia, tampak menguning karena asap.

BACA JUGA: Pengendara Motor di Dumai Nyaris Pingsan akibat Kabut Asap Riau

Sylviawati dan keluarga rencananya akan pergi ke Jakarta selama 10 hari. Dia dan suami mempertimbangkan kondisi kesehatan anak-anaknya yang masih kecil.

"Lagi pula anak sekolah juga sudah diliburkan," ujar dia.

Selain Jakarta, warga lainnya Irfan (36) bersama istri dan dua anaknya memilih mengungsi ke Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar). Kabar dari keluarganya di sana, mereka tidak terdampak kabut asap akibat karhutla.

BACA JUGA: Dampak Kebakaran Hutan Riau, Kabut Asap Selimuti Bandara Dumai

"Istri saya mengeluh matanya masih perih karena asap yang masuk ke ruangan kerjanya, padahal sudah tertutup jendela dan pakai AC," ujar dia.

Kondisi kabut asap Riau juga menjadi sorotan warganet. Hastag #RiauDibakarBukanTerbakar menempati trending topics urutan kedua pada hari ini di Twitter.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal