Terdampak Karhutla, Masyarakat dan Pemerintah di Kalbar Gelar Doa Bersama

Gusty Eddy ยท Selasa, 10 September 2019 - 07:45 WIB
Terdampak Karhutla, Masyarakat dan Pemerintah di Kalbar Gelar Doa Bersama

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono. (Foto: iNews/Gusty Edi).

PONTIANAK, iNews.id – Ribuan masyarakat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) menghadiri acara doa bersama sebagai upaya mengurangi dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kegiatan ini berlangsung di alin-alun Kapuas pada Senin (9/9/2019) kemarin.

Turut hadir, Wagub Kalbar Ria Norsan, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, dan Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Alfret Denny D Teujuh. Acara tersebut juga dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat dan mahasiswa di sana.

"Tidak lupa juga kesempatan ini kita panjatkan doa, semoga bersama doa ini hujan diturunkan untuk mengurangi asap karhutla," kata Kapolda Didi Haryono.

Menurut dia, dampak karhutla selama ini sudah mengganggu masyarakat di Kalbar, termasuk Pontianak. Di antaranya kendala perputaran ekonomi masyarakat. Karena itu, jajaran Forkopimda Kalbar benar-benar akan melakukan langkah tegas dalam penanganan karhutla.

Kabut asap sudah beberapa pekan terakhir menyelimuti wilayah Kalbar. Jajaran pemerintah daerah dibantu aparat TNI dan Polri bersinergi dalam menyikapi bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut.

"Perlu kiranya kita memanjatkan doa kehadirat tuhan yang Maha Esa agar negara kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah Kalbar selalu dalam lindungan-Nya dan dalam keadaan aman, damai dan makmur," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal