Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban KM Lintas Timur

Jufri Tonapa, M Ridwan Lapasere ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 01:05 WIB
Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban KM Lintas Timur

Pencarian KM Lintas Timur di Perairan Banggai di selat Taliabo Provinsi Maluku Utara. (Foto: Dok iNews).

PALU, iNews.id - Tim dari SAR gabungan menghentikan proses pencarian korban KM Lintas Timur yang tenggelam belum lama ini. Hingga kini sebanyak 16 korban dari kru kapal yang belum ditemukan.

"Operasi SAR memang sudah kami hentikan hari ini setelah berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri," kata Kepala Kantor Basarnas Palu, Basrano, saat dikonfirmasi wartawan di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (10/6/2019).

Meski begitu, kata dia, Basarnas tetap melanjutkan pemantauan. Hal ini untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada informasi tambahan terkait korban KM Lintas Timur. Nantinya operasi bisa dibuka kembali.

BACA JUGA: 16 Penumpang KM Lintas Timur Belum Ditemukan, SAR Perpanjang Operasi Pencarian

Operasi SAR hari ketujuh dibagi dalam dua unit pencari. Namun hingga Senin sore belum membuahkan hasil. Sementara itu total korban yang ditemukan dua orang, salah satunya didapati dalam keadaan selamat.

"Apapun informasi tambahan nantinya, operasi SAR dapat kami buka kembali," ujarnya.

Korban selamat yakni Yakub dan satu lagi meninggal dunia di Perairan Banggai Kepulauan Banggai. Korban diketahui atas nama Chabibi Nur.

Sementara itu Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai menginvestigasi kecelakaan pelayaran tersebut. Dua orang investigator kini tengah mencari informasi terkait tenggelamnya kapal tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal