Tim SAR Kembali Evakuasi 1 Korban Tambang Emas Longsor di Bolmong

Sindonews, Cahya Sumirat ยท Senin, 04 Maret 2019 - 20:10 WIB
Tim SAR Kembali Evakuasi 1 Korban Tambang Emas Longsor di Bolmong

Tim SAR gabungan kembali mengevakuasi satu jenazah korban tambang emas longsor di Desa Bakan, Bolaang Mongondwo, Sulut. (Foto: SINDOnews/Cahya Sumirat)

BOLAANG MONGONDOW, iNews.id – Tim SAR gabungan kembali menemukan satu jenazah korban tambang emas liar yang longsor di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut).

Korban ditemukan di dalam lokasi tambang emas setelah tim SAR menggali lokasi longsor dengan menggunakan alat berat.

“Satu jenazah sudah ditemukan, saat ini seluruh tim sedang berupaya agar semua korban dapat segera di temukan,” kata Humas Humas SAR Manado, Fery Ari Yanto, Senin (4/3/2019) sore.

Tim SAR Gabungan yang terdiri atas TRC BPBD Kabupaten Bolmong, Basarnas, SAR Kotamobagu, TNI, Polres Kotamobagu, Polsek Lolayan, DVI Polda Sulut, Koramil Lolayan, Marinir, PMI, Tagana, Satpol PP, SKPD, Rescue JRBM, relawan, dan masyarakat masih berusaha mengevakuasi beberapa korban lain yang diduga masih tertimbun reruntuhan material tambang emas. “Tadi pukul 19.00 Wita, tim penyelamat menemukan potongan kaki korban,” ujarnya.

Dengan ditemukannya kembali satu korban tewas, kata dia, tim SAR gabungan hingga hari ketujuh pascaperistiwa longsornya tambang emas rakyat itu sudah berhasil mengevakuasi 29 orang. Rinciannya, 10 orang meninggal dunia dan 19 orang selamat dalam kondisi luka ringan dan berat.

BACA JUGA:

BPBD Bolmong Siapkan 60 Kantong Jenazah untuk Evakuasi Penambang Emas

Tim SAR Temukan Lubang Besar di Tambang Emas Bolmong

Dia menjelaskan, sejak Senin pagi  alat berat sudah masuk pembersihan di dalam lubang agar saat proses evakuasi berjalan lancar. Sebab, untuk mencapai posisi lubang tim gabungan membutuhkan kerja ekstra dengan membuat jalur evakuasi karena posisi yang rawan berada di pinggiran jurang yang mempunyai kemiringan 80-90 derajat.

 

 

 


Editor : Kastolani Marzuki