Tim TAA Polda: Kecelakaan Avanza di Merangin Disebabkan Pecah Ban

Nanang Fahrurozi, Antara, Sindonews ยท Rabu, 27 Maret 2019 - 08:41 WIB
Tim TAA Polda: Kecelakaan Avanza di Merangin Disebabkan Pecah Ban

Ilustrasi garis polisi. (Foto: AFP).

MERANGIN, iNews.id - Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Dit Lantas Polda Jambi turun tangan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan Avanza dan Truk di Jalan Lintas Sumatera, Kabupaten Merangin, Jambi. Pecah ban dari mobil minibus tersebut diduga menjadi asal muasal tabrakan tersebut.

Tim TAA Polda Jambi dipimpim Kasubdit Gakum Dit Lantas Polda Jambi AKBP Nurbani melakukan olah tempat kejadian (TKP) pada Selasa (26/3/2019). Selama tiga jam, petugas melakukan pengambilan gambar dengan alat TAA untuk mendeteksi kecepatan kendaraan, arah kendaraan, sistem pengereman serta kondisi sopir dalam membawa kendaraan sebelum dan sesudah terjadinya kecelakaan.

Hasilnya, tim TAA Dit Lantas Polda Jambi untuk sementara menyimpulkan, peyebab kecelakaan adalah mobil minibus jenis avanza mengalami pecah ban.

BACA JUGA: Ini Penyebab Avanza dan Truk di Merangin Terbakar Pascatabrakan

"Mobil avanza mengalami pecah ban dan oleng ke kanan jalan, sehingga mengambil jalan mobil truck dan berakibat terjadinya tabrakan," kata Nurbani di TKP kejadian, Desa Langling, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi.

Setelah menghantam kendaraan tersebut, minibus pun sempat terseret truk sejauh delapan meter hingga Avanza keluar badan jalan.

Sebelumnya, Kapolres Merangin, AKBP I Kade Utama Wijaya mengatakan, dugaan sementara tabrakan berawal saat mobil minibus Avanza melaju kencang dari arah Bangko ke Sarolangun mengalami masalah.

BACA JUGA: Kronologi Avanza Terbakar Renggut 5 Korban Usai Tabrakan dengan Truk

"Mobil oleng ke kanan, sementara dari arah berlawanan ada mobil truk pengangkut material PLN," kata Kade.

Karena terjadi benturan keras saat tabrakan, timbulah percikan api yang kemudian membakar habis minibus dan truk. Menurut dia, suara benturan antara truk dan minibus tersebut sempat membuat para warga kaget.

Kecelakaan yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera di Kabupaten Merangin menewaskan lima orang penumpang minibus. Para korban tak sempat menyelamatkan diri setelah kecelakaan, mereka masih berada di dalam mobil dan ikut terbakar bersama kendaraan tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal