TNI Kirimkan Ratusan Personel Bantu Atasi Karhutla Riau

Andi Mohammad Ikhbal ยท Minggu, 24 Februari 2019 - 15:55 WIB
TNI Kirimkan Ratusan Personel Bantu Atasi Karhutla Riau

Proses pemberangkatan personel TNI dari Jakarta menuju Riau. (Foto: Istimewa).

PEKANBARU, iNews.id - TNI mengirimkan bantuan personel dalam upaya membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Ratusan prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Karhutla diberangkatkan oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI, Mayjen TNI Ganip Warsito, dari Jakarta ke Pekanbaru, Minggu (24/2/2019).

"Itu semua membuktikan bahwa TNI akan hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan selalu siap mengawal negara dari berbagai bentuk ancaman," kata Ganip dalam siaran pers yang diterima iNews.id.

Para personel ini merupakan prajurit dari Yonarmed 10/Brajamusti Kostrad, dipimpin oleh Lettu Arm Imam Wahyudi. Mereka berangkat menggunakan pesawat Hercules C-130, A-1316 TNI AU menuju Pekanbaru dibawah BKO Korem 031/Wirabima di Riau.

Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan sangat merugikan masyarakat, di mana penyebab utamanya yakni tidak profesionalnya manusia dalam mengelola lahan, serta enggannya mereka untuk mengikuti prosedur.

"Karhutla ini dapat menimbulkan dampak yang sangat luas terutama ekonomi. Dikarenakan penanggulangan kebakaran hutan ini menyedot anggaran negara yang begitu besar," ujar dia.

Masalah lainnya, kata dia, yakni pada aspek sosial budaya dan kesehatan masyarakat. Karena itu, dia berharap para prajurit dapat melaksanakan tugas dengan baik, membantu pemadaman api di daerah tersebut.

"Saya berpesan kepada seluruh prajurit bahwa tugas yang kalian lakukan menjadi ladang amal ibadah kepada sesama kita, sehingga melahirkan sikap yang tulus ikhlas dalam melaksanakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal