Update Gempa 5,3 SR di Mataram, 10 Orang Luka dan 1 Gedung SMP Rusak

Muzakir ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 22:31 WIB
Update Gempa 5,3 SR di Mataram, 10 Orang Luka dan 1 Gedung SMP Rusak

Salah satu ruang kelas SMP Negeri 2 Sengkol, Lombok Tengah rusak setelah diguncang gempa berkekuatan 5,3 SR. (Foto: iNews.id/Muzakir)

MATARAM, iNews.id - Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang kembali mengguncang Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (6/12/2018), menyebabkan 10 orang mengalami luka ringan dan sedang.

Gempa yang berlangsung sekitar pukul 08.02 WIB itu juga membuat sejumlah bangunan rumah dan sekolah rusak. Namun, belum diketahui data resmi kerusakan bangunan akibat guncangan gempa yang cukup kuat tersebut.

Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga saat ini terdapat 10 korban luka ringan dan sedang. Ke-10 korban tersebut masing-masing - Johan Saptadi, Malinda, Naysi, Bazmi, Halilatun Naria, Amaq Sirah (70), Apni (22), Umrah (35), Ni Kadek Lasmini Dewi, dan Febryanti.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, secara umum kondisi masih kondusif dan aktivitas warga masih normal. “Sebagian besar wilayah Pulau Lombok hujan dengan intensitas sedang,” ucapnya.

BACA JUGA:

Gempa NTB, Puluhan Siswa Ujian di Teras Sekolah

BPBD Mataram Pantau Dampak Gempa 5,7 SR di Berbagai Wilayah

Menurut dia, BPBD Provinsi NTB dan BPBD kabupaten/ kota di provinsi tersebut masih memantau dampak yang ditimbulkan akibat gempa.

Sementara itu, hujan deras yang mengguyur Pulau Lombok setelah gempa berkekuatan 5,3 SR mengakibatkan bangunan SMP Negeri 2 Sengkol Lombok Tengah rusak parah. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat ambruknya gedung SMP itu karena seluruh siswa sudah berhamburan keluar.

Penjaga dan staf pengajar SMP 2 Sengkol, Danu mengatakan, rusaknya sejumlah bangunan itu mengakibatkan aktivitas belajar mengajar di sekolah itu sementara terhenti. “Kami berharap Dinas Pendidikan segera melakukan upaya perbaikan,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki