Viral, Warga Pandeglang Banten Goreng Telur di Bawah Terik Matahari

Iskandar Nasution ยท Minggu, 27 Oktober 2019 - 04:31 WIB
Viral, Warga Pandeglang Banten Goreng Telur di Bawah Terik Matahari

Warga bereksperimen menggoreng telur yang sudah dipanaskan dengan sinar matahari di Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

PANDEGLANG, iNews.id - Suhu udara yang sangat panas belakangan membuat warga iseng-iseng bereksperimen. Setelah di Bekasi, Jawa Barat, viral video ibu muda menggoreng kerupuk dengan memanfaatkan sinar matahari, kini di Kabupaten Pandeglang, Banten, juga viral video warga menggoreng telur ayam.

Sama dengan yang dilakukan ibu muda di Bekasi, warga Pandeglang memasak telur ceplok di depan rumah menggunakan wajan berisi minyak goreng. Wajan itu awalnya diletakkan di atas aspal dan dijemur selama kurang lebih dua jam hingga minyak goreng panas.

 

BACA JUGA: Viral Aksi Ibu di Bekasi Goreng Kerupuk Pakai Sinar Matahari, Buktikan Suhu Panas Ekstrem 

 

Warga kemudian memasukkan telur ayam. Tidak butuh lama, telur masak dan mengembang, seperti ketika memasak menggunakan kompor minyak atau kompor elpiji.

“Diemin dulu kualinya, trus kasih minyak, diemin berapa jam, dijemur biar panas, ini hasilnya. Lumayan,“ kata seorang pria yang mencoba menggoreng telur dalam video viral itu.

Telur yang digoreng menggunakan minyak yang dipanaskan dengan sinar matahari di Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

 

Warga yang bereksperimen lalu mencoba mencicipi telur yang sudah digoreng. “Rasanya enak,” kata warga dalam video yang viral tersebut.

Aksi ini lalu ditiru warga lain, seperti yang dilakukan di Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Iin. Karena rasa penasaran, dia mencoba membuktikan seberapa panas sinar matahari, Sabtu (26/10/2019).

Iin lalu membawa wajan ke depan rumah yang sudah berisi minyak goreng. Dia meletakkan di tempat terbuka selama sekitar dua jam, sehingga sinar matahari memanaskan minyak goreng dan wajan. Setelah itu, dia memasukkan telur mentah.

Hasilnya pun sama seperti dalam video viral. Telur yang digoreng bisa matang dan bisa dikonsumsi seperti halnya telur yang dimasak di tungku atau kompor.

“Awalnya kan kami iseng-iseng melihat cuaca ekstrem panas kayak gini. Saya taruhlah wajan di jalan selama dua jam. Saya mencoba menggoreng telur ceplok. Kematangannya sama aja kayak di kompor,” kata Iin.

 

BACA JUGA: Suhu Udara di Bojonegoro Capai 44 Derajat Celsius 

Menurut warga, fenomena cuaca matahari yang sangat panas belakangan ini memang berbeda dari biasanya. Matahari terasa sangat terik, membuat tidak nyaman dan kegerahan, terutama jiwa beraktivitas di luar rumah.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Provinsi Banten merupakan salah satu wilayah yang terdampak dari cuaca ekstrem di Pulau Jawa. BMKG mengimbau warga untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah. Saat cuaca ekstrem seperti sekarang, warga di himbau untuk banyak mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak demi menjaga kesehatan.


Editor : Maria Christina