Wabup Konawe: 3 Desa Siluman Terima Bantuan Pemerintah Sejak 2015

Febriyono Tamenk ยท Rabu, 06 November 2019 - 18:35 WIB
Wabup Konawe: 3 Desa Siluman Terima Bantuan Pemerintah Sejak 2015

Wabup Konawe membenarkan ada 3 desa di daerahnya yang diduga fiktif namun mendapatkan kucuran dana desa. (Foto: iNews/Febriyono).

KONAWE, iNews.id - Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, membenarkan adanya tiga desa diduga fiktif di daerahnya, namun mendapat dana desa bantuan dari pemerintah sejak 2015. Total uang yang diberikan hingga saat ini lebih dari Rp5 miliar.

"Iya memang ada tiga desa dan mendapat dana desa sejak 2015 hingga 2018," kata Gusli kepada wartawan di Kantor Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (6/11/2019).

Tiga desa tersebut yakni Desa Ulu, Desa Morehe dan Desa Uepai. Untuk Desa Ulu, kata dia, saat ini sudah tidak memiliki wilayah akibat adanya pemekaran kecamatan.

BACA JUGA: BPMD Konawe Bantah Ada Desa Siluman yang Terima Dana Desa

Desa yang awalnya masuk Kecamatan Labuya, kini berada dalam wilayah administratif Kecamatan Onembute, yang baru dimekarkan. Kemudian Desa Morehe, kata dia, masuk ke dalam wilayah Kabupaten Kolaka Timur karena ada pemekaran daerah.

"Penduduknya saat ini sudah banyak meninggalkan Desa Morehe, mereka pindah di wilayah Desa Rawua," ujar dia.

BACA JUGA: Polisi Periksa 57 Saksi Kasus Desa Siluman Penerima Bantuan di Konawe Sultra

Kemudian Desa Uepai yang sudah berubah status menjadi kelurahan sejak 2003. Sedangkan, kelurahan tidak bisa mendapatkan dana yang memang diperuntukkan bagi desa.

"Kelurahan tidak bisa dapat itu," ujar dia.

Menurut Gusuli, dana desa untuk tiga wilayah fiktif itu sudah masuk sejak 2015 hingga 2018. Namun pihaknya tidak mencairkan ke rekening desa, melainkan tersimpan di kas Pemerintah Kabupaten Konawe dengan total jumlah untuk ketiganya lebih dari Rp5 miliar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal