Warga Labuan Ira'ang Kalbar Akhirnya Bisa Menikmati Jembatan Gantung

Donald Karouw · Senin, 11 Februari 2019 - 08:14 WIB
Warga Labuan Ira'ang Kalbar Akhirnya Bisa Menikmati Jembatan Gantung

Jembatan gantung Badak Putih di Desa Labuan Ira’ang, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar). (Foto: IST)

KAPUAS HULU, iNews.id – Warga Desa Labuan Ira’ang, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), kini bisa menikmati akses jembatan setelah sekian lama menunggu. Keinginan warga itu terwujud setelah Satgas Pamtas Yonif 320/Badak Putih menyelesaikan pembuatan jembatan.

Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf AF Dalimunthe mengatakan, pembangunan jembatan gantung yang diberi nama Badak Putih tersebut dikerjakan oleh Yonif 320 bersama dengan Tim Vertikal Rescue Indonesia (VRI) di Desa Labian Ira’ang.

Dansatgas Pamtas Yonif 320/BP, Letkol Inf Imam Wicaksana didampingi oleh Ketua VRI Tedi Ixdiana meresmikan jembatan gantung di Desa Labuan Ira’ang, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar). (Foto: IST)


Jembatan itu diresmikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif 320/BP, Letkol Inf Imam Wicaksana yang didampingi oleh Ketua VRI Tedi Ixdiana. Mereka sekaligus menyerahkan hasil pekerjaan pembuatan jembatan gantung kepada Kepala Desa (Kades) Labian Ira’ang, yaitu Herkulanus Beger.

“Untuk menandai pekerjaan jembatan sudah selesai, dalam acara peresmian tersebut dilaksanakan pemotongan bambu oleh Dansatgas (Letkol Inf Imam Wicaksana). Setelah itu dilanjutkan juga ritual adat oleh masyarakat,” kata Kolonel Inf AF Dalimunthe, Minggu (10/2/2019).

AF Dalimunthe mengatakan, sebagai tanda penghargaan atas upaya yang dilakukan oleh Satgas Yonif 320, lanjutnya, masyarakat Labian Ira’ang sepakat memberikan nama jembatan tersebut Jembatan Gantung Badak Putih.

BACA JUGA:

Pangdam XIII/Merdeka Lepas Prajurit TNI yang Bertugas di Pulau Terluar

Berhasil Tangkap Jaringan Teroris MIT, 2 Babinsa Dapat Penghargaan

Dansatgas Pamtas Yonif 320/BP, Letkol Inf Imam Wicaksana saat upacara peresmian jembatan menyampaikan terima kasih kepada Tim VRI dan Yayasan Artha Graha Peduli. Selain itu, semua pihak yang telah turut serta membantu dalam  pembangunan jembatan tersebut.

“Semoga dengan adanya jembatan gantung ini, masyarakat perbatasan khususnya Desa Labian Ira’ang semakin bersemangat dalam beraktivitas. Kami berharap warga selalu merawat jembatan gantung ini dengan baik,” ujar Imam Wicaksana.

Sementara Kades Labian Ira’ang Herkulanus Beger mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Satgas dari Kodam III/Slw ini yang telah merealisasikan impian mereka sekian lama. Menyambut harapan dari Dansatgas, dia mewakili warga berjanji akan merawat jembatan tersebut.

“Kami akan senantiasa menjaga dan merawat jembatan gantung Badak Putih agar selalu teringat kepada prajurit Badak Putih,” ujarnya.


Editor : Maria Christina