Warga Tambang Kampar Temukan Jejak Harimau, BBKSDA: Daerah Itu Area Jelajah Hewan Buas

Okezone, Banda Haruddin Tanjung ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 08:40 WIB
Warga Tambang Kampar Temukan Jejak Harimau, BBKSDA: Daerah Itu Area Jelajah Hewan Buas

Harimau Sumatera. (Foto: Istimewa).

PEKANBARU, jNews.id - Warga di Desa Karya Indah, Kabupaten Kampar, Riau, digegerkan dengan penemuan jejak kaki harimau. Hewan buas tersebut diperkirakan berasal dari kawasan hutan taman raya.

Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro mengatakan, dari hasil penelitian, jejak tersebut diduga merupakan harimau dewasa.

"Ukurannya tapaknya antara 13 atau 14, diperkirakan harimau dewasa," kata Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro, kepada wartawan, Selasa (3/12/2019).

BACA JUGA: BKSDA Telusuri Jejak Harimau di Kawasan Wisata Gunung Dempo Pagaralam

Kemunculan jejak kaki harimau itu terlihat oleh warga di Desa Karya Indah, Kecamatan Tambang, pada Senin (2/12/2019) kemarin. Beberapa jejak harimau terlihat di jalan tanah yang bekas turun hujan.

Lokasi jejak kaki harimau berdekatan dengan daerah Garuda Sakti, Kota Pekanbaru. Wilayah tersebut memang masih berada di area jelajahnya atau homering, jika harimau diperkirakan berawasal dari kawasan hutan taman raya.

"Lokasinya penemuan jejak harimau berada di perumahan yang belum lama dibangun. Jadi bukan bangunan lama. Homering harimau ini berada di sepanjang kebun sawit," ucapnya.

BACA JUGA: Berbekal Senjata dan Anjing Pelacak, Warga Lahat Buru Harimau yang Masuk ke Perkampungan Mereka

Selain dengan harimau, Desa Karya Indah merupakan homering dari gajah Sumatera. Hewan tersebut sering terlihat melintas di sana. Untuk itu, diminta warga tidak melakukan tindakan melawan hukum dengan memburu hewan tersebut.

"Gajah dan harimau merupakan hewan dilindungi. Kita minta warga tidak melakukan tindakan sendiri sendiri. Di sana memang daerah perlintasan harimau dan gajah," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal