Waspadai Gelombang Tinggi 4 Meter di Sangihe, Talaud dan Maluku Utara

Cahya Sumirat, Sindonews ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 10:25 WIB
Waspadai Gelombang Tinggi 4 Meter di Sangihe, Talaud dan Maluku Utara

Gelombang tinggi berpotensi mengancam keselamatan nelayan. (Foto: Antara),

MANADO, iNews.id - Gelombang setinggi empat meter berpotensi terjadi di perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, dan laut Maluku bagian Utara. Perkiraan terjadi pada 13 - 14 Juli 2019.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung mengingatkan, potensi gelombang tinggi sekitar 2,5 - 4,0 meter.

"Terjadi di sekitar perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, dan laut Maluku bagian Utara," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG, Ricky Daniel Aror, kepada wartawan di Kota Manado, Sulut, Jumat (12/7/2019).

BACA JUGA: Gelombang Tinggi Masih Mengancam Perairan Selatan Jateng

Sementara, tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan Kalimantan Utara, laut Sulawesi bagian Barat, perairan Timur Bitung, laut Maluku bagian Selatan dan perairan Selatan Sulut.

Ricky mengingatkan, risiko terhadap pelayaran terutama perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter) dan kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter).

"Begitu juga dengan kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter) dan kapal besar seperti kapal kargo, kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter)," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal