10 Rumah di Makassar Ludes Terbakar, Belasan Mobil Damkar Dikerahkan

Wahyu Ruslan ยท Jumat, 26 Oktober 2018 - 18:09 WIB
10 Rumah di Makassar Ludes Terbakar, Belasan Mobil Damkar Dikerahkan

Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang membakar 10 rumah semi permanen di Jalan perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulsel, Jumat (26/10/2018). (Foto: iNews.id/Wahyu Ruslan)

MAKASSAR, iNews.id – Kebakaran hebat melanda kawasan permukiman padat penduduk di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Biringkanyya, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (26/10/2018) sore.

Kebakaran itu menghanguskan 10 rumah warga. Besarnya kobaran api membuat warga sekitar panik dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran tersebut lantaran para penghuni rumah langsung menyelamatkan diri saat api mulai membesar. Namun akibat kebakaran iitu, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Dari rekaman video amatir warga, terlihat kobaran api terus membesar dan dengan cepat melalap 10 bangunan rumah warga yang rata-rata semi permanen. Warga yang panik kemudian berjibaku memadamkan kobaran api yang terus membesar dengan alat seadanya. Sebagian warga lainnya berupaya menyelamatkan harta benda yang tersisa dari dalam rumah. Upaya warga tersebut tak membuahkan hasil karena api semakin berkobar hebat. “Api besar sekali ditambah angina kencang,” kata seorang warga, Arifuddin.

BACA JUGA:

3 Rumah Semi Permanen Ludes Terbakar di Medan, 1 Tewas Terjebak Api

14 Unit Rumah Semi Permanen di Simalungun Ludes Terbakar

Tak lama kemudian, sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pemkot Makassar tiba di lokasi. Namun, mobil damkar kesulitan menjangkau lokasi karena akses yang sangat sempit dan masuk dalam area padat permukiman warga.

Petugas Damkar Kota Makassar, Andi Muhammad Anugrah mengatakan informasi dari warga ada 10 rumah yang terbakar. “Kami kesulitan masuk ke lokasi karena aksenya jalannya sempit,” ucapnya.

Meski demikian, kata dia, petugas Damkar terus berupaya dan berhasil menjinakkan api hanya dalam waktu 15 menit. “Belum diketahui penyebab pastinya, karena api yang tiba tiba membesar dari salah satu rumah warga,” katanya.

Kasus kebakaran tersebut kini masih diselidiki petugas Polsek Biringkanayya untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki