2 Rumah Ambruk dan Jalanan Ambles Pascabanjir Bandang Enrekang Sulsel

Jufri Tonapa ยท Kamis, 02 Mei 2019 - 12:19 WIB
2 Rumah Ambruk dan Jalanan Ambles Pascabanjir Bandang Enrekang Sulsel

Kabid Kegawatdaruratan BPBD Enrekang Lukman Dering. (Foto: iNews/Jufri Tonapa)

ENREKANG, iNews.id – Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), menimbulkan sejumlah kerugian dan kerusakan fasilitas umum. Ada dua rumah warga yang nyaris ambruk hingga terputusnya akses jalan menuju Perumahan Kukku, Kelurahan Lewaja.

Pantauan iNews, sejumlah warga memulai aktivitasnya dengan membersihkan sisa lumpur pascabanjir bandang dalam rumah mereka. Ketebalan lumpur bahkan hingga mencapai beberapa centimeter. Selain itu banyak pula perabotan rumah tangga yang ikut rusak akibat musibah tersebut.

Banjir bandang juga merusak dua rumah warga di Perumahan Kukku yang berada di bibir aliran sungai. Struktur bangunan tidak mampu menahan derasnya arus luapan Sungai Matallo saat banjir terjadi. Beberapa bagian bangunan rumah tampak roboh dan mengalami kerusakan berat.

BACA JUGA: Banjir Bandang Enrekang, Aktivitas Warga Lumpuh dan 1 Jembatan Putus

“Kondisi saat ini banjir sudah surut. Masyarakat kini mulai membersihkan rumah-rumah mereka,” ujar Kabid Kegawatdaruratan BPBD Enrekang Lukman Dering, Kamis (2/5/2019).

Dia mengungkapkan, saat terjadinya bencana air merendam hingga ketinggian hampir 1,5 meter. Kini petugas dikerahkan untuk membantu masyarakat yang terkenda dampak bencana banjir bandang tersebut.

“Anggota kami sudah turun di lokasi untuk membantu warga dan melakukan pendataan,” katanya.


Editor : Donald Karouw