Curi Ban Mobil Milik 2 Anggota Polres Gowa, Pelaku Curat Ditembak

Bugma ยท Kamis, 30 Agustus 2018 - 15:34 WIB
Curi Ban Mobil Milik 2 Anggota Polres Gowa, Pelaku Curat Ditembak

Polres Gowa saat gelar perkara kasus pencurian velg dan van motor. (Foto: iNews/Bugma)

GOWA, iNews.id – Polres Gowa mengungkap sindikat pencurian ban mobil lintas daerah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam pengembangannya, polisi menembak satu pelaku saat hendak ditangkap dan memburu empat komplotan lainnya.

Informasi yang dirangkum iNews, pengungkapan kasus pencurian dengan pemberatan (curat) ini berawal saat sindikat ini mencuri delapan velg dan ban milik dua anggota Polres Gowa yang parkir di halaman rumahnya. Hasil penyelidikan, ban itu diketahui berada di rumah salah satu penadah.

Dari situ polisi mengembangkan kasus hingga menangkap SA, salah satu komplotan spesialis pencurian ban mobil. SA terpaksa dilumpuhkan timah panas lantaran berusaha melawan. Dia berupaya merebut senjata petugas saat diminta menunjukkan lokasi penyimpanan barang bukti velg dan ban mobil hasil kejahatannya di Kelurahan Tammua, Kecamatan Tallo, Makassar.

“Sasaran para pelaku ini velg dan ban mobil. Dari hasil pengembangan, kami menyita 80 velg dan ban hasil pencurian,” kata Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga.

Dia mengungkapkan, modus yang dilakukan pelaku yakni dengan mengintai sejumlah mobil yang terparkir bersama empat orang rekannya yang kini masih dalam pengejaran. “Identitasnya sudah kami kantongi dan masih kami buru,” ujarnya.

Diketahui, dalam aksinya mereka menggunakan dongkrak dan kunci roda. Setiap dua pasang velg dan ban mobil dijual seharga Rp2,4 juta.

Akibat perbuatannya, pelaku kini terancam Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Dia terancam kurungan minimal tujuh tahun panjara.


Editor : Donald Karouw