Hujan Deras Guyur Palopo, Sejumlah Fasilitas Publik Kebanjiran

Nasruddin Rubak ยท Kamis, 30 Agustus 2018 - 19:33 WIB
Hujan Deras Guyur Palopo, Sejumlah Fasilitas Publik Kebanjiran

Banjir merendam jalan di depan Rumah Sakit Palemmai, Palopo, Sulawesi Selatan. (Foto: iNews.id)

PALOPO, iNews.id - Hujan deras di tengah musim kemarau mengguyur Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) Kamis (30/8/2018) sore. Hujan tersebut menyebabkan sejumlah kawasan dan fasilitas publik terendam banjir dengan ketinggian hingga 80 centimeter.

Pantauan iNews, banjir akibat hujan deras menggenangi Rumah Sakit (RS) Palemmai, Kantor Dinas Kesehatan, Puskesmas, serta ruas Jalan Manunungan. Banjir juga merendam sejumlah rumah hingga membuat aktivitas warga di daerah tersebut lumpuh. Tak hanya itu, aktivitas para tenaga medis juga terganggu, bahkan sejumlah alat kesehatan harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman agar tidak terendam banjir.

Sejumlah warga yang hendak melintas di daerah tersebut terpaksa berbalik arah, bahkan tak sedikit kendaraan mogok setelah memaksa melintasi genangan banjir.




Seorang warga Palopo, Faad mengatakan, banjir terjadi selain hujan yang sangat deras juga akibat buruknya kondisi drainase. Saluran pembuangan air itu tertutup tanah akibat pembangunan Puskesmas Wara dan adanya proyek jalan beton.

“Banjir ini sudah sering dan bukan yang pertama kali terjadi. Pemicunya karena adanya pembangunan jalan beton dan puskesmas yang diduga asal-asalan,” kata Faad.

Warga berharap agar Pemkot Palopo segera membenahi dan membongkar jalan beton yang diduga dibangun asal-asalan apalagi lokasi ini merupakan dataran yang sangat rendah.


Editor : Kastolani Marzuki