15.232 Lembar Ijazah SMA dan SMK di Sulsel Salah Cetak

Leo Muhammad Nur ยท Jumat, 31 Agustus 2018 - 17:37 WIB
15.232 Lembar Ijazah SMA dan SMK di Sulsel Salah Cetak

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo saat memberi keterangan kepada wartawan. (Foto: iNews.id/Leo Muhammad Nur)

MAKASSAR, iNews.id – Sedikitnya 15.232 lembar ijazah SMA/SMK di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami kesalahan pencetakan. Hal ini disebabkan perbedaan kurikulum yang diterapkan di sekolah dengan laporan yang disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan, kesalahan ijazah terjadi di 120 SMA/SMK baik negeri maupun swasta di Sulsel. Hal ini terjadi pada para siswa yang lulus tahun ajaran 2017/2018.

Irman Yasin mengatakan, kesalahan pada ijazah tersebut terjadi karena operator sekolah melakukan kesalahan saat menginput data. Hal ini disebabkan adanya perbedaan kurikulum yang diterapkan di sekolah dengan laporan yang disampaikan ke Kemendikbud.

“Jadi itu salah input. Ada salah menulis bahwa dia kurikulum 2013, padahal dia masih ujian pakai kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) 2006. Itu yang diperbaiki,” kata Irman Yasin Limpo di Makassar, Jumat (31/8/2018).

Untuk mengatasi masalah ijazah tersebut, Dinas Pendidikan Sulsel memberikan surat keterangan khusus kepada siswa yang ijazahnya salah cetak. “Surat itu berfungsi sebagai ijazah sementara,” katanya.

Disdik Sulsel juga berharap kewenangan pencetakan ijazah dikembalikan ke Pemprov Sulsel. Dengan demikian, jika terjadi kesalahan cetak, ijazah bisa segera diganti. Saat ini, pengelolaan SMA dan SMK sudah menjadi kewenangan provinsi sehingga diharapakan pencetakan ijazah pun ditangani pemerintah provinsi.


Editor : Maria Christina