Pernikahan Bocah SD dan Siswi SMK di Bantaeng Tidak Terdaftar di KUA

Okezone ยท Kamis, 02 September 2018 - 07:52 WIB
Pernikahan Bocah SD dan Siswi SMK di Bantaeng Tidak Terdaftar di KUA

Foto pernikahan R siswa SD dan M siswi SMK di Bantaeng, Sulawesi Selatan yang viral di media sosial. (Foto: Istimewa)

BANTAENG, iNews.id - Kendati sudah melakukan akad nikah, Kamis (30/8/2018) lalu, pernikahan siswa SD, R, dan siswi SMK, M, di Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, Bantaeng, Sulawesi Selatan tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). Keduanya sengaja tidak mendaftar lantaran lakut ditolak.

Kedua orang tua dari masing-masing mempelai beralasan menikahkan anaknya yang masih di bawah umur itu untuk menghindari perbuatan zina. Di mana R dan M memang telah lama menjalin hubungan asmara.

Ayah Rezki, Salaming mengatakan, alasan menikahkan anaknya agar menghindari fitnah yang dapat merusak nama baik keluarga maupun dari pihak mempelai wanitanya. Apalagi orang Bantaeng masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang sangat kental dengan budaya siri’ (malu) sebagai suku Makassar.

BACA JUGA: Siswa SD Berusia 13 Tahun Nikahi Siswi SMK di Bantaeng Sulsel

"Maka kami nikahkan saja. Untuk menghindari hal tidak diinginkan sekaligus supaya tidak ada lagi cerita cerita di belakang. Karena maumi menikah jadi kita kasi nikah,” kata Salaming, Minggu (2/9/2018).

Penyuluh Fungsional Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng, Ustadz Muhammad Sukri membenarkan bahwa pernikahan keduanya tidak terdaftar di KUA. “Pernikahan keduanya tidak didaftarkan oleh orang tuanya di KUA sehingga yang menikahkan adalah ayah kandung dari mempelai wanita,” katanya.

Sebelumnya dikabarkan, Pernikahan anak di bawah umur lagi-lagi terjadi di Sulawesi Selatan (Sulsel). Bocah berusia 13 tahun yang baru tahun ini lulus SD berinisial R, menikahi seorang perempuan berusia 17 tahun berinisial M.

Akad nikah pasangan anak belia itu berlangsung di kediaman mempelai perempuan di Loka, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng, Kamis (30/8/2018) malam. Foto-foto pernikahan keduanya pun telah beredar luas di media sosial.


Editor : Himas Puspito Putra