Atasi Macet, Makassar Akan Berlakukan Kebijakan Ganjil Genap

Sindonews ยท Jumat, 30 Agustus 2019 - 08:00 WIB
Atasi Macet, Makassar Akan Berlakukan Kebijakan Ganjil Genap

Pemeriksaan ganjil genap kepolisian. (Foto: Sindo).

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menerapkan kebijakan ganjil genap di Kota Makassar. Hal ini dimaksud untuk mengatasi masalah kemacetan di daerah tersebut.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Fahlevi mengatakan, Makassar menjadi salah satu wilayah dari lima daerah yang didorong menjadi kota percontohan penerapan sistem lalu lintas yang baik.

"Saran dari Dirjen Perhubungan Darat agar lima kota besar itu mengambil langkah-langkah mengatasi kemacetan. Salah satu opsinya mengenai penerapan ganjil genap," ujar dia kepada wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Jumat (30/8/2019).

Atas rekomendasi itu, Dishub Sulsel ke depan akan melakukan berbagai langkah menjalankan agenda tersebut. Dia menyebut akan melakukan kajian atas ruas jalan yang tepat untuk memulai penerapan sistem ganjil genap.

Dia mengakui, penerapan ganjil genap di Makassar memang tidak mudah. Ada beberapa kendala yang lebih dulu harus ditangani, salah satunya hambatan samping yang ada di jalan serta parkir liar di daerah tersebut.

"Kalau saya yang harus dikaji dulu penanganan hambatan samping kiri kanan dan parkiran. Itu paling mendesak," ujar dia.

Hambatan samping misalnya, pejalan kaki yang tidak berjalan di trotoar atau angkutan umum atau kendaraan yang berhenti sembarangan di pinggir jalan. Mereka ini sudah menyalahgunakan fungsi samping jalan.

"Sebenarnya kita itu berpotensi menerapkan ganjil genap. Cuma sekarang terkendala karena itu juga, belum maksimal penggunaan transportasi publik," kata Fahlevi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal