Ayah Paksa Anak Perempuannya Mengemis Hingga Larut Malam untuk Bayar Utang

Andi Deri Sunggu ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 01:10 WIB
Ayah Paksa Anak Perempuannya Mengemis Hingga Larut Malam untuk Bayar Utang

Ayah di Makassar tega mengeksploitasi anak perempuannya untuk mengemis hinga larut malam demi membayar utang. (Foto: ilustrasi)

MAKASSAR, iNews.id – Syafruddin (45) warga Manunggal, Maccini Sombala, Kecamatan Tamalenrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan harus berurusan dengan polisi lantaran diduga memaksa anak kandungnya mengemis sambil berjualan tisu di kawasan Jalan Andi Pangeran Pettarani.

Syafruddin kini masih menjalani pemerikasaan intensif penyidik Satreskrim Polrestabes Makassar. Dia ditangkap petugas setelah ada laporan dari warga.

Kasatreskrim Polrestabes Makassar, AKBP Inratmoko mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara pelaku sengaja mempekerjakan anaknya untuk mengemis lantaran terlilit hutang dan tingginya biaya hidup pada Bulan Ramadan.

“Uang hasil mengemis dan berjulan tisu ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar utang pelaku. Sementara pelaku sendiri hanya sebagai buruh serabutan dan tukang ojek konvensional,” kata Inratmoko, Senin (13/5/2019).

BACA JUGA: Ayah Paksa Anak Perempuannya Layani Pria Tua untuk Ditukar Ganja

Dia menjelaskan, pelaku sudah memperkerjakan anaknya sejak awal Ramadan memingat momen bulan suci ini banyak pengemis bermunculan untuk meminta sedekah kepada orang-orang yang dermawan.

“Dari perbuatannya itu, pelaku bisa dijerat dengan Pasal 88 UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara,” katanya.

Kepada penyidik, Syafruddin mengakui telah menyuruh anak perempuannya yang masih kelas 3 SD untuk mengemis. “Saya suruh dia mengemis sambil jualan tisu. Biasanya sampai larut malam. Uangnya untuk bayar utang dan makan sehari-hari,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki