Banjir 1 Meter Rendam Ribuan Rumah di Luwu akibat Hujan Deras

Nasruddin Rubak ยท Senin, 29 April 2019 - 17:33 WIB
Banjir 1 Meter Rendam Ribuan Rumah di Luwu akibat Hujan Deras

Banjir akibat hujan deras merendam ribuan rumah di Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulsel. (Foto: iNews.id)

LUWU, iNews.id – Ribuan rumah yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) terendam banjir menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak Minggu (28/4/2019) malam hingga Senin (29/4/2019) pagi.

Enam kecamatan yang terendam banjir masing-masing Suli Barat, Suli, Larompong, Larompong Selatan, Walenrang Timur, dan Lamasi Timur. Dari keenam kecamatan tersebut, banjir terparah terjadi di Suli, bahkan sejumlah sekolah dasar (SD) dan SMP terpaksa meliburkan siswanya akibat tingginya genangan air.

Pantauan iNews di lokasi, ketinggian air di dalam dan di luar rumah warga cukup bervariasi mulai dari 80 cm hingga satu meter di sejumlah titik. Selain ribuan rumah, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum seperti, sekolah, rumah ibadah, puskesmas, kantor pemerintahan, serta memutus akses jalan antardesa.

BACA JUGA:

Ribuan Rumah di Pasuruan Diterjang Banjir Besar, Terparah di Kraton

Banjir Jombang Rendam 400 Rumah, BPBD Evakuasi Warga ke Tempat Aman

Meski ketinggian air sudah mencapai satu meter, warga hingga kini masih bertahan di rumah. Mereka berdalih menjaga jarta benda mereka agar tidak hanyut terbawa banjir. “Kami sekeluarga belum ngungsi. Hanya kemas-kemas barang agar tidak kena air,” kata Jumadiah, warga Suli.

Untuk menghindari korban jiwa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu dibantu TNI terus memantau perkembangan dan meminta warga untuk mewaspadai banjir susulan. 


Editor : Kastolani Marzuki