Banjir 4 Meter Rendam Ribuan Rumah di Jeneponto, Warga Dievakuasi

Bugma ยท Kamis, 24 Januari 2019 - 01:10 WIB
Banjir 4 Meter Rendam Ribuan Rumah di Jeneponto, Warga Dievakuasi

Tim SAR gabungan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Jeneponto, Sulsel. (Foto-Foto: iNews.id/Bugma)

JENEPONTO, iNews.id - Ribuan rumah warga yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) terendam banjir hingga empat meter, Rabu (23/1/2019).

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah itu hingga mengakibatkan sejumlah sungai meluap. Ribuan warga yang terjebak banjir berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atap rumah. Dari 11 kecamatan, banjir terparah melanda empat kecamatan yakni, Turatea, Binamu, Tamalatea dan Bangkala.

Tim SAR gabungan langsung menyisir untuk mencari dan mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Proses evakuasi warga yang terdiri dari ibu-ibu dari atas atap pun berjalan dramatis.

Setelah berhasil dievakuasi oleh petugas SAR dan kepolisian, ribuan korban banjir ini langsung dibawa ke tempat yang lebih aman. Selain merendam ribuan rumah warga, puluhan sepeda motor dan mobil pun ikut terendam banjir.

BACA JUGA:

Korban Tewas Banjir dan Longsor di Gowa Jadi 11 Orang, 17 Masih Hilang

Bencana Banjir Bandang dan Longsor di Gowa, 2.129 Warga Mengungsi

Kapolres Jeneponto, AKBP Hery Susanto mengatakan, banjir yang menggenangi ribuan rumah ini terjadi akibat luapan sungai serta curah hujan yang terus tinggi.

“Bencana banjir di beberapa titik ini banyak rumah-rumah penduduk yang terendam air. Untungnya banyak rumah yang masih panggung atau tingkat sehingga warga naik kea tap untuk dievakuasi,” katanya.

Kapolres memperkirakan ketinggian air akan terus bertambah karena curah hujan masih tinggi. Karena itu, warga diminta terus meningkatkan kewaspadaan.


Editor : Kastolani Marzuki