Gempa Susulan Kembali Guncang Palu, Berkekuatan 3,4 SR

Antara ยท Senin, 01 Oktober 2018 - 15:57 WIB
Gempa Susulan Kembali Guncang Palu, Berkekuatan 3,4 SR

Ribuan bangunan rumah di Palu hancur akibat gempa bumi berkekuatan 7,7 SR. (Foto: Antara)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MAKASSAR, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya gempa bumi susulan yang terjadi di bagian barat laut, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan kekuatan 3,4 Skala Richter(SR).

"Tepat pada pukul 12:21:52 Wita telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah,"kata Plt Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, di Makassar, Senin (1/10/2018).

Dia mengatakan, pusat gempa terjadi di wilayah Kota Palu dengan kekuatan 3,4 SR. Gempa yang terjadi, menurut dia, tidak menimbulkan tsunami seperti yang terjadi sebelumnya.

Menurut Joharman, hasil analisisi dari BMKG pusat gempa berada pada koordinat 0,72 Lintang Selatan (LS) dan 119,65 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 kilometer (km) arah barat laut Palu, Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi pada kedalaman 10 km dan berada di laut pada jarak 30 kilometer," katanya.

BACA JUGA:

Gempa dan Tsunami Sulteng, Korban Meninggal Sampai Siang Ini 844 Jiwa

744 Rumah di Desa Petobo Ditelan Bumi Usai Gempa, Ratusan Orang Hilang

Joharman menjelaskan, hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, tampak bahwa gempa bumi terjadi akibat aktivitas sesar Palu Koro.

Menurut Joharman, guncangan gempa bumi dirasakan di Palu, Sulawesi Tengah sebesar I SIG-BMKG (II MMI). Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. "Kami mengimbau masyarakat agar tidak panik karena ini adalah gempa dengan kedalaman dangkan dan tidak menimbulkan terjadinya tsunami," ujarnya.

Sebelumnya, pada Jumat (28/9) BMKG wilayah Makassar menyatakan gelombang gempa bumi yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah dan daerah sekitarnya berpengaruh ke Sulawesi Barat.

"Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR), Jumat, pukul 17.02 WIB dengan pusat 0.18 Lintang Selatan 119.85 BT pada kedalaman 10 KM," kata Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar M&G Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilyah Makasar, Siswanto.


Editor : Kastolani Marzuki