Isu Puluhan Balita Palu Terlantar di Posko Bencana Gegerkan Warga Wajo

Amnar Sengkang ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 20:52 WIB
Isu Puluhan Balita Palu Terlantar di Posko Bencana Gegerkan Warga Wajo

Posko induk korban bencana gempa dan tsunami Palu di Kabupaten Wajo didatangi puluhan warga yang ingin mengadopsi anak. (Foto: iNews.id/Amnar Sengkang)

WAJO, iNews.id - Puluhan orang di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan mendadak mendatangi posko induk bencana gempa dan tsunami Palu, Donggala, dan Sigi yang dibangun di komplek Pemkab. Kedatangan mereka untuk mengadopsi puluhan balita korban bencana gempa dan tsunami yang ditampung di posko induk bencana.

Mereka mengaku mendapat informasi dari media sosial yang menyebutkan ada puluhan balita tanpa orang tua yang terlantar di posko induk. Lantaran penasaran, warga pun beramai-ramai mendatangi posko untuk mengadopsi balita tersebut. Namun informasi yang tersiar luas di media sosial ternyata palsu alias hoaks.

“Saya dapat informasi di Facebook kalau di posko bencana ini banyak anak korban gempa di Palu. Ternyata, informasi di media sosial itu tidak benar,” kata Syamsiah, warga Wajo, Kamis (11/10/2018).

Petugas posko induk bencana, Supris mengatakan, kabar puluhan balita yang ditampung di posko induk bencana gempa adalah hoaks terbesar di Kabupaten Wajo. Dia pun berharap kepada masyarakat untuk memahami kondisi sekarang di mana masyarakat Palu membutuhkan bantuan. “Jangan resahkan mereka (warga Palu) dengan kabar hoaks,” ucapnya.

BACA JUGA: Marak Hoaks saat Bencana, Kartini Perindo Imbau Masyarakat Cerdas

Menurut Supris, kalau pun ada balita korban gempa tanpa orang tuanya akan dikoordinasikan dengan instansi terkait. “Sejauh ini, di posko induk hanya ada 16 korban gempa dan satu bayi yang baru berumur 41 hari. Jadi, kabar puluhan balita di sini tidak benar alais hoaks,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki