Jamaah An Nadzir di Gowa Laksanakan Salat Idul Adha Sabtu Pagi

Bugma ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 17:33 WIB
Jamaah An Nadzir di Gowa Laksanakan Salat Idul Adha Sabtu Pagi

Ratusan Jamaah An Nadzir di Kampung Mawang, Gowa, Sulawesi Selatan melaksanakan salat Idul Adha, Sabtu (10/8/2019). (Foto: iNews.id/Bugma)

GOWA, iNews.id – Jamaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan salat Idul Adha 1440 Hijriah, Sabtu (10/8/2019) pagi tadi.

Salad Ied ini dilakukan lebih awal dari umat Islam lainnya dan mendahului hasil isbat pemerintah yang menetapakn 10 Zulhijah atau Hari Raya Kurban jatuh pada Minggu (11/8/2019).

Jamaah An Nadzir memiliki metode penghitungan awal bulan sendiri dan telah berkeyakinan 10 Zulhijah atau Idul Ada jatuh pada Jumat (9/8/2019) sore.

Sebelum melaksanakan salat Ied, ratusan Jamaah An-Nadzir pada Jumat malam menggelar takbir di musala dan masjid. Salat Ied ini digelar di perkampungan An Nadzir, Kelurahan Mawang Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa.

BACA JUGA:

Lihat Pasang Air Laut, Jamaah An Nadzir di Gowa Laksanakan Salat Idul Adha Besok

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang Gelar Salat Idul Adha Sabtu Pagi

Pengurus Jamaah An Nadzir, Ustaz Samiruddin mengatakan, Jamaah An-Nadzir lebih awal melaksanakan salat Idul Adha berdasarkan hasil pengamatan akhir perjalanan Bulan Zulqa'dah hingga masuknya 1 Zulhijah 1440 Hijriah.

Selain itu, Jamaah An Nadzir juga memantau air pasang puncak yang diyakini terjadi sejak hari Rabu, 31 Juli 2019 lalu dan hari ini adalah waktu untuk mereka melaksanakan salat Idul Adha. “Kita baru melaksanakan salat Idul Adha pagi ini, karena masuknya 10 Zulhijah baru pada Jumat sore,” katanya.

Seperti umat Islam pada umumnya, seusai pelaksanaan salat Idul Adha sebagian Jamaah An Nadzir juga melakukan ibadah kurban untuk dibagikan kepada warga kurang mampu.


Editor : Kastolani Marzuki