Jemaah An Nadzir di Gowa Sulsel Berlebaran Hari Ini

Bugma ยท Senin, 03 Juni 2019 - 10:38 WIB
Jemaah An Nadzir di Gowa Sulsel Berlebaran Hari Ini

Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulsel, saat menggelar Salat Idul Fitri 1440 H, Senin (3/6/2019). (Foto: iNews/Bugma)

GOWA, iNews.id – Ratusan Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar Salat Idul Fitri 1440 Hijriah, Senin (3/6/2019) pagi. Jemaah memilih berlebaran lebih awal dari ketetapan pemerintah karena mereka meyakini Ramadan telah berakhir dan hari ini telah masuk 1 Syawal.

Pantauan iNews, ratusan Jemaah menggelar Salat Ied di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Gowa. Mereka juga mengenakan pakaian serba hitam dan saling bermaaf-maafan usai salat.

BACA JUGA: Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Gelar Takbiran, Besok Salat Idul Fitri

Sekjen Jemaah An Nadzir Ustaz Samiruddin mengatakan, penentuan jatuhnya 1 Syawal 1440 Hijriah ini dilakukan setelah mengamati perjalanan bulan. Yakni sejak awal Ramadan, malam ke-15 Ramadan hingga tiga hari menjelang berakhirnya Ramadan.

Selain melihat tanda-tanda alam dan perjalanan bulan, mereka juga mengamati terjadinya air pasang puncak di sejumlah titik laut. Di mana menurut perhitungan jemaah An Nadzir, Ramadan telah berakhir pada Minggu (3/6/2019) pukul 14:30 Wita.

“Dari pengamatan tanda-tanda ini kami musyawarah dan yakin hari ini 1 Syawal,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw