Jual Kartu Surga Rp10.000, Pimpinan Tarekat Tajil Khalwatiyah di Gowa Jadi Tersangka

Bugma · Jumat, 08 November 2019 - 14:19 WIB
Jual Kartu Surga Rp10.000, Pimpinan Tarekat Tajil Khalwatiyah di Gowa Jadi Tersangka

Polres Gowa saat gelar ekspose kasus dugaan penistaan agama. (Foto: iNews/Bugma)

GOWA, iNews.id – Pimpinan Tarekat Tajil Khalwatiyah Andi Malakutti dengan gelar Puang La’lang ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Gowa. Dia disangkakan menista agama dengan menyebarkan aliran sesat kepada ratusan pengikutnya.

Tersangka sebelumnya ditangkap polisi dalam rumahnya di Desa Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia diduga menyebarkan aliran sesat dengan menjanjikan pengikutnya dapat masuk surga hanya dengan membeli kartu seharga Rp10.000. Dalam penangkapan itu, turut pula diamankan barang bukti berupa foto, buku hingga kartu surga.

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga mengatakan, penetapan tersangka ini atas perkara penistaan agama.

BACA JUGA: Sakit Hati, Pemuda di Surabaya Tuduh Mantan Pacar Lakukan Penistaan Agama di Medsos

“Kami juga melapis dengan penipuan dan penggelapan. Selain itu melapisnya lagi dengan tindak pidana pencucian uang,” katanya, Kamis (7/11/2019).

Dalam perkara ini, ada 100-an item yang disita polisi sebagai barang bukti. Termasuk kartu surga yang bisa menjamin orang masuk surga dengan mengeluarkan uang seharga Rp10.000 maupun lebih.

“Kami juga amankan uang tunai Rp5 juta serta berbagai jimat. Uang ini menjadi pintu masuk bagi kami untuk tindak pidana pencucian uang,” katanya.

Polres Gowa mengimbau agar aliran ini tidak lagi menyebar luas. Hal ini sejalan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa yang telah menetapkannya sebagai aliran sesat.

“Semua ini sudah disampaikan pemerintah soal rekomendasi larangan aliran ini. Jadi kami harap masyarakat juga tak lagi menyebarluaskannya,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw