Lihat Pasang Air Laut, Jamaah An Nadzir di Gowa Laksanakan Salat Idul Adha Besok

Bugma ยท Jumat, 09 Agustus 2019 - 20:26 WIB
Lihat Pasang Air Laut, Jamaah An Nadzir di Gowa Laksanakan Salat Idul Adha Besok

Jamaah An Nazir di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggelar takbiran dan akan melaksanakan salat Idul Adha, Sabtu (10/8/2019). (Foto: iNews.id/Bugma)

GOWA, iNews.id – Jamaah An Nadzir di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menetapkan 10 Zulhijjah 1440 Hijriah telah masuk pada Jumat (9/8/2019) sore.

Seusai melaksanakan salat magrib dan isya berjamaah, jamaah yang identik dengan rambut gondrong berwarna emas itu pun langsung menggelar takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha.

Perhitungan masuknya 10 Zulhijjah tersebut telah dimulai oleh Jamaah An Nadzir pada tiga malam terakhir di Bulan Zulqa’dah. Selain bertakbir, Jamaah An-Nadzir juga mengumandangkan tahmid dan tahlil.

Anggota Jamaah An Nadzir, Ustaz Samiruddin mengatakan, penetapan 10 Zulhijjah dilakukan oleh Jamaah An Nadzir setelah melakukan musyawarah bersama tim k-9 An-Nadzir yang jauh hari sebelumnya memantau akhir Bulan Zulqa’dah hingga memasuki 10 Zulhijjah.

Selain itu, kata dia, para jamaah juga memantau masuknya awal Zulhijjah dengan melihat fenomena alam, seperti terjadinya air pasang di laut.

“Pengamatan bulan itu kana da beberapa macam. Pertama itu pengamatan bulan purnama sampai terakhit tanggal 27. Setelah itu, kita lihat lagi terbitnya. Ternyata dari pengamatan tim k-9 yang dibentuk disepakati Idul Adha jatuh pada Jumat dan besok (Sabtu) kita akan salat Id,” katanya, Jumat (9/8/2019).

BACA JUGA: Jemaah An Nadzir di Gowa Sulsel Berlebaran Hari Ini

Dia menjelaskan, masuknya 10 Zulhijjah telah terjadi sekitar pukul 14:00 WITA pada Jumat, 9 Agustus 2019. Namun karena 10 Zulhijjah masuk di siang hari, Jamaah An-Nadzir baru akan melaksanakan salat Idul Adha pada Sabtu (10/8/2019) besok.


Editor : Kastolani Marzuki